Tips Agar Anak Mau Tidur Siang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebutuhan istirahat anak tentu akan berbeda dengan kebutuhan istirahat orang dewasa. Normalnya kebutuhan istirahat orang dewasa dalam sehari sekitar 7-8 jam. Sedangkan pada anak-anak tentu akan lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa.

Hal ini dikarenakan masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga anak lebih banyak membutuhkan waktu istirahat dibandingkan dengan orang dewasa. Kebutuhan istirahat itu dapat dipenuhi dengan tidur siang dan tidur malam. Tidur siang ternyata memiliki banyak manfaat untuk anak.

Akan tetapi setiap orangtua terkadang memiliki keluhan dan kendala dimana kesulitan membujuk dan mengajak anak untuk tidur siang. Berikut ini beberapa tips agar anak mau tidur siang, antara lain :

  1. Jelaskan alasan kenapa harus tidur siang

Hal utama yang perlu anda lakukan untuk menarik perhatian si kecil agar mau tidur siang yaitu dengan menjelaskan secara menarik alasan kenapa si kecil harus tidur siang. Sebagai contoh anda dapat melibatkan beberapa tokoh kartun yang disukai si kecil bahwa tidur siang perlu dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

  1. Membuat jadwal tidur siang

Membuat jadwal tidur siang salah satu tips agar anak mau tidur siang. Selain itu dengan cara ini anda dapat melatih kedisiplinan si kecil dalam melakukan suatu hal.

  1. Cari waktu yang tepat

Mencari waktu tidur siang yang tepat untuk dilakukan si kecil sangatlah penting. Hindari waktu tidur siang yang terlalu sore, hal ini dapat mengganggu waktu tidur anak di malam hari.

  1. Mengisi kegiatan anak dengan aktivitas berisi

Upayakan kegiatan anak setiap hari tetap terarah dengan melakukan aktivitas yang berisi seperti mewarnai, berhitung, membantu ibu sambil bermain, dan lain-lain. Hal ini akan membuat anak merasa lelah sehingga anak tidur siang.

  1. Pastikan anak dalam keadaan kenyang

Salah satu tips agar anak mau tidur siang dengan menjadikan perut si kecil dalam keadaan kenyang sehingga anak akan mau tidur siang. Kondisi perut yang tidak kenyang akan menyebabkan si kecil sulit tidur siang.

  1. Memutarkan lagu pengantar tidur

Agar anak merasa ngantuk anda dapat memutarkan lagu pengantar tidur yang dapat di dengan oleh anak-anak ya.

  1. Ruang tidur yang nyaman

Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman bagi si kecil. Salah satu caranya yaitu anda dapat menggunakan spey karakter favorit si kecil. Hal ini dapat menarik perhatian anak untuk tidur siang.

  1. Jadikan sebagai kegiatan rutinitas

Buatlah tidur siang menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan dan tidak membosankan untuk dilakukan.

  1. Temani anak tidur

Untuk menarik perhatian anak anda dapat menemani si kecil tidur siang agar si kecil merasa lebih nyaman karena merasa di sayang sudah ditemani tidurnyan. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here