Tips Agar Anak Remaja Terbiasa Mengkonsumsi Buah dan Sayur

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, setiap orangtua tentunya penuh kekhawatiran saat mendapati anak-anak remajanya tidak terbiasa mengkonsumsi buah dan sayur. Remaja zaman sekarang memang lebih suka mengkonsumsi berbagai macam makanan olahan, makanan cepat saji, dan lebih suka jajan di luar. Padahal remaja merupakan masa pertumbuhan yang sangat butuh asupan nutrisi yang baik. Lalu bagaimana membiasakan mereka mau mengkonsumsi sayur dan buah?

Bagaimana Cara Membiasakan Diri Pada Remaja Agar Mau Mengkonsumsi Buah dan Sayur?

  • Campurkan Sayur ke Dalam Menu Favorit

Ibu bisa membiasakan anak remajanya agar mau mengkonsumsi sayur dengan cara memasukkan sayuran ke dalam menu favoritnya baik ketika berada di rumah atau pun ke dalam tempat makannya di sekolah. Beri saja irisan kol, timun, wortel, dan lain sebagainya ke dalam nasi goreng kesukaan putra-putri. Sedikit saja asalkan rutin, lama-lama para remaja akan terbiasa.

  • Jadikan Buah Sebagai Pelengkap Masakan

Campurkan saja buah ke dalam makanan misalnya ketika membuat selai nanas untuk dimakan dengan roti. Saus asam manis dengan bahan dasar nanas atau sambal dengan campuran mangga muda. Bisa juga dengan menambahkan perasan air lemon ke dalam berbagai makanan. Alpukat pun bisa dijadikan bahan ketika ingin membuat telur oven.

  • Olah Sayur Menjadi Makanan Modern

Daripada anak remaja hobi makan nugget dari bahan yang tidak sehat, bisa juga dengan menjadikan sayur menjadi menu pembuatan nugget. Buat saja nugget dengan bahan dasar wortel dan seledri tanpa penambahan boraks. Bisa juga dengan menambah lalapan dalam menu makan misalnya timun, kol, selada, dan daun kemangi dengan memakannya mentah.

  • Buatlah Sayur dan Buah Camilan Sebagai Dasar Pembuatan Camilan

Banyak kue kering bisa dikonsumsi oleh para remaja dengan menjadikan sayur atau buah sebagai bahan dasar camilan. Buah sangat enak jika dijadikan camilan seperti misalnya cokelat, kue, cake, serta es krim. Bisa juga membuat kue kering dengan menjadikan bayam sebagai warna alami. Atau menambahkan berbagai macam selai dari buah asli yang dibuat sendiri.

  • Membuat Berbagai Macam Minuman dari Buah

Buat saja jus, es buah, salad buah, dan lain sebagainya menjadi menu minuman yang sehat, segar, alami, dan baik bagi tubuh. Aneka minuman dari buah dapat menjadi penghilang rasa penat, penyegar tubuh, dan membuat jiwa menjadi lebih semangat dalam beraktivitas sehari-hari. Minuman dari buah dapat menjadi salah satu referensi bagi minuman sehat di sekolah, kampus, maupun tempat kerja. Daripada mengkonsumsi minuman dari minuman saset, kopi, bersoda, dan lain sebagainya akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan ginjal.

Demikian informasi mengenai tips agar remaha terbiasa mengkonsumsi buah dan sayur. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY