Tips Agar Anak Semangat Pergi ke Sekolah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pergi ke sekolah bagi anak-anak bisa menjadi momok yang sangat menakutkan. Apalagi kalau anak pernah mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan di sekolah atau ketika masa-masa anak baru pertama kali masuk sekolah.

Sehingga tidak sedikit para orang tua yang mengeluhkan kondisi anaknya tidak semangat untuk berangkat ke sekolah. Hal yang biasanya dilakukan anak ketika malas berangkat ke sekolah adalah malas bangun, sulit diajak mandi bahkan anak cenderung rewel atau malah marah-marah kepada orang tua.

Sebagai orang tua harus pandai dan sabar dalam menghadapi anak yang sedang mengalami masa tidak semangat untuk pergi ke sekolah.  Penggunaan kekerasan justru akan memberikan efek negatif yang nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan anak.  Nah, untuk membantu para orang tua membujuk anak agar kembali semangat masuk sekolah, berikut ini ada tips dan cara agar anak tetap semangat pergi ke sekolah.

  1. Banyak teman

Motivasi pertama yang bisa diberikan kepada anak adalah tentang lingkungan sekolah menyenangkan dan akan memberikan banyak teman. Berikan penjelasan mengenai enaknya banyak teman dan manfaatnya.  Ceritakan tentang hal-hal dan kebaikan-kebaikan teman-temannya agar anak kembali semangat untuk pergi ke sekolah.

  1. Learn is Fun

Anak-anak belum memahami dengan baik betapa pentingnya ilmu di sekolah.  Oleh karena itu agar muncul ketertarikan sang anak dengan proses belajar di sekolah maka orang tua bisa mengajak anak untuk belajar sambil bermain di akhir pekan.

Salah satu media yang bisa  digunakan, yaitu dengan mengajak anak jalan-jalan yang tempat atau tujuannya disesuaikan dengan pengetahuan di sekolah.  Misalnya ke agrowisata, kebun binatang, dan museum.  Selama jalan-jalan tersebut maka orang tua dapat memberikan informasi dan pengetahuan secara umum kepada anak dengan mengaitkan dengan pelajaran di sekolah.

  1. Berikan sarapan kesukaan anak

Sarapan atapun makanan pada pagi hari sebelum anak berangkat ke sekolah bisa menjadi hal yang menarik untuk meningkatkan semangat anak pergi ke sekolah.  Cobalah berkreasi dan tanyakan kepada anak tentang menu makanan apa yang disukainya. Selain dengan menyediakan sarapan di pagi hari, maka orang tua juga bisa membekali anak dengan makanan favoritnya.

  1. Barang baru

Biasanya anak akan semangat pergi ke sekolah apabila ada barang baru yang dimilikinya. Manfaatkan moment ini dengan memberikan anak barang baru, baik peralatan sekolah ataupun aksesoris pakaiannya lainnya, seperti sepatu atau tas.

  1. Mengantar anak

Meskipun memiliki kesibukan, sesekali luangkanlah waktu untuk mengantar anak ke sekolah.  Ciptakan suasana dalam perjalanan dengan suasana yang menyenangkan dengan sang anak.  Hal ini bisa dilakukan dengan mengajak anak sambil mengobrol selama perjalanan ke sekolah.

  1. Sapa dan sambut anak ketika pulang sekolah

Meskipun hal ini terlihat sepele, namun kebiasaan ini mampu memberikan semangat kepada anak untuk tetap sekolah.  Sebaiknya hindari pertanyaan kepada anak mengenai hasil akademisinya selama di sekolah, misalnya bagaimana nilai ulangannya, dapat rangking/juara atau tidak. Sebaiknya hal yang ditanyakan kepada anak adalah tentang  bagaimana sekolah anak, menyenangkan atau tidak.  Dengan menanyakan hal ini, maka anak akan bercerita tentang keadaan dirinya di sekolah.

Perlu diketahui sebelum berangkat ke sekolah usakahan mood anak tetap baik atau harus dalam suasana yang  menyenangkan agar anak tetap semangat belajar di sekolah. Hal yang terpenting adalah jalinan komunikasi antara orang tua kepada anak. Kedekatan inilah yang nantinya dapat membangun jiwa anak dan dengarkanlah dengan sabar segala keluhan yang disampaikan anak, Semoga bermanfaat. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY