Tips agar Anak tidak Mabuk Perjalanan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika mudik atau melakukan perjalanan jauh, para orang tua sibuk melakukan berbagai persiapan mulai dari menyiapkan barang bawaan hingga biaya yang digunakan selama perjalanan. Namun, terdapat satu hal yang banyak dilupakan para orang tua yaitu kesehatan anak. Terkadang buah hati Anda kurang mendapat perhatian khusus dalam hal mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan umumnya banyak dialami oleh anak-anak. mereka tidak biasa menaiki kendaraan dalam jarak tempuh jauh. Apalagi jika jalur yang ditempuh berkelok sehingga menimbulkan pusing pada anak.

Berikut ini tips agar anak Anda tidak merasakan mual atau mabuk dalam perjalanan.

  • Pilih posisi yang tepat
  • Di dalam mobil, dudukkan anak di tempat duduk yang minim mengalami goncangan.
  • Di dalam bus, duduk di belakang sopir agar Anda dan si kecil dapat melihat ke depan.
  • Di kereta api, duduk di dekat jendela dan putar sandaran kursi agar Anda duduk menghadap arah lokomotif.
  • Di dalam kapal laut, pilih kabin di tengah sebab pada titik ini goyangan kapal paling kecil.
  • Di pesawat, mintalah tempat duduk di dekat tepi depan sayap.
  • Hindari ketegangan dan kecemasan. Katakan pada anak untuk tidak tegang mencemaskan bahwa dia akan mabuk, karena kecemasan ini akan  memicu timbulnya mabuk. Minta anak sesantai mungkin dan ketika ada tanda-tanda awal mabuk, tuntun  dia untuk menarik nafas panjang, pejamkan mata, diam sejenak, dan tanamkan sugesti bahwa ia tidak akan
  • Makan sebelum melakukan perjalanan. Jangan biarkan perut kosong saat bepergian, sebab saat perut kosong lambung akan memproduksi asam secara berlebihan sehingga akan membuat iritasi lambung dan merangsang refleks mual. Hindari makanan dan minuman berlemak karena dapat membuat perut    Berhentilah makan besar satu jam sebelum keberangkatan. Perut yang penuh memudahkan anak mual dan muntah.
  • Hindari makanan yang bersantan, berbumbu, dan berlemak. Makanan seperti ini akan mudah merangsang rasa mual dalam kondisi normal sekalipun. Maka jangan biarkan anak Anda mengonsumsinya, baik sebelum maupun selama perjalanan.
  • Jangan makan terlalu banyak. Agar tidak mual, anak perlu mengurangi porsi makannya. Lebih baik sedikit, tapi sering.
  • Siapkan biskuit garing (dry crackers). Katakan pada anak untuk segera memberitahu begitu merasa tidak enak atau mual. Saat ia sedang tidak keruan, berikan dry crackers. Anak baru bisa diperbolehkan meminum minuman yang mengandung karbonat jika crackers sudah benar-benar habis,. Harus diakui, crackers dan minuman tersebut terbukti cukup ampuh dalam menghilangkan atau meringankan motion sickness.
  • Atur sirkulasi udara. Ketika melintas di jalanan sepi dan berhawa sejuk, bukalah jendela, atau putar AC ke posisi cool untuk memungkinkan udara beredar dengan cepat. Seringkali yang diperlukan untuk menghindari rasa mual hanyalah mengubah udara pengap yang berada di dalam kendaraan menjadi lebih segar untuk membuat anak merasa lebih nyaman.
  • Jangan terlalubanyak menggerakkan Gerakan menengok ke kiri dan kanan akan meningkatkan kemungkinan mabuk perjalanan. Anak perlu menyandarkan kepala pada bantalan kepala kursinya.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi jika anak sering mabuk perjalanan. Jika cara di atas tidak ampuh, berilah anak obat pereda mual dalam perjalanan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY