Tips Agar Anak tidak Takut Jarum Suntik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada masa anak-anak adalah masa paling banyak mendapatkan imunisasi atau vaksin, bahkan sudah sejak bayi imunisasi dapat dilakukan, salah satu cara pemberian imunisasi adalah dengan cara suntik, cara ini masih dinilai sangat efektif karena vaksin yang disuntikan dapat masuk dengan cepat ke saluran darah dan limfa sehingga metode suntik masih digunakan hingga saat ini.

Sampai usia 2 tahun kira-kira anak akan menerima 20 kali suntikan imunisasi, banyaknya menerima suntikan ini juga dapat membuat anak menjadi takut dengan jarum suntik, bisa saja pada pertama kali disuntik anak mendapatkan pengalaman yang buruk, sehingga menimbulkan ketakutan atau trauma pada jarum suntik.

Ketakutan akan jarum suntik ini tidak baik jika dibiarkan terlalu lama, maka dari itu berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar anak tidak lagi takut jarum suntik:

  • Beri penjelasan kepada Anak. Berikan penjelasan kepada anak Anda mengenai pentingnya melakukan kegiatan ini dan beri penjelasan juga bahwa suntik ini dilakukan untuk mengobati atau memberikan sistem kekebalan tubuh yang baik agar tubuhnya tidak mudah terkena penyakit, oleh karena itu kegiatan ini dilakukan bukanlah untuk menakut-nakuti anak atau memberikannya rasa sakit yang menyakitkan, melainkan untuk menyehatkan tubuh anak. Selain itu jika anak takut karena suntik akan menyakitkan, Anda bisa berikan pengertian bahwa jarum suntik sangat kecil dibandingkan dengan tubuhnya sehingga rasa sakit yang ditimbulkan tentu hanya sedikit dan kecil sekali. Anda juga dapat memberikan penjelasan mengenai kerugian jika tidak disuntik maka mereka bisa jatuh sakit, jika sudah begitu maka mereka tidak bisa bermain bersama teman-temannya, tidak bisa makan makanan kesukaannya, dan lain-lain.
  • Menjadi contoh. Selain memberikan penjelasan tadi tentu Anda juga harus memberikan contoh, bisa saja Anda mengajak anak Anda saat Anda ingin disuntik dan jangan lupa untuk memperlihatkan wajah yang tenang agar anak Anda meyakini bahwa kegiatan suntik tidaklah menakutkan.
  • Memberikan krim Anestesi Topikal. Krim ini umumnya diberikan1 jam sebelum kegiatan penyuntikan dilakukan, fungsi dari krim ini adalah untuk membuat kulit yang diberikan krim menjadi lebih kebal sehingga anak tidak merasakan sakit saat disuntik.
  • Mengalihkan perhatian anak saat disuntik. Agar anak Anda tidak takut saat disuntuk Anda bisa juga mengalihkan perhatian si Anak, alihkan perhatiannya dengan benda-benda yang ada disekitar atau Anda dapat juga ngobrol dengan anak mengenai apa yang ia sukai sehingga perasaannya pun lebih tenang.
  • Puji anak setelah disuntik. Tidak ada salahnya memberikan anak Anda pujian setelah disuntik, andadapat mengatakan bahwa ia merupakan anak yang hebat atau anak yang pemberani karena tidak takut saat disuntik. Sehingga anak Anda merasa mendapatkan penghargaan setelah melakukan kegiatan yang menurutnya menakutkan. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY