Tips Agar Cepat Hamil Bagi Pasangan Baru

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang ingin memiliki momongan. Apalagi, jika usia pernikahan mereka sudah berusia cukup lama. Tertundanya kehamilan bisa disebabkan oleh berbagai faktor baik itu dari faktor suami, istri ataupun dari keduanya. Selain masalah yang disebabkan oleh ketidaksuburan, bisa juga disebabkan oleh hubungan intim yang salah (yang memperkecil peluang kehamilan). Artikel ini akan membahas tips agar Anda segera hamil.

Tips yang harus Anda perhatikan adalah :

  • Masa subur wanita (ovulasi) bisa terjadi pada hari ke 14 sebelum menstruasi berikutnya. Jadi perlu mengetahui pola siklus haid dalam 3-6 bulan sebelumnya.
  • Perbanyak berhubungan intim pada masa subur.
  • Berhubungan intim rutin selama 2-3 kali per minggu.
  • Di dalam saluran reproduksi, sel sperma dapat hidup hingga 7 hari. Namun sel telur hanya mampu bertahan 24-48 jam. Untuk memperbesar peluang pertemuan sperma dan sel telur, disarankan untuk melakukan hubungan intim selama masa ovulasi.
  • Anda bisa mendapatkan kalender penghitung masa subur Anda. Dengan kalender tersebut, Anda dapat dengan mudah mengetahui puncak masa subur Anda. Sehingga, pada puncak masa subur tersebut, Anda bisa berhubungan intim untuk memperbesar peluang kehamilan
  • Ada juga alat lain yang digunakan untuk mendeteksi adanya ovulasi dari peningkatan kadar hormon luteinizing (LH). Alat dapat mendeteksi hormon melalui urin ataupun air liur wanita. Dengan menggunakan alat tersebut, Anda akan diberitahu puncak tertinggi dari masa ovulasi Anda.
  • Jaga dan periksa kondisi kesehatan Anda, apakan kondisi Anda memungkinkan Anda untuk bisa hamil. Periksakan organ-organ yang berhubungan dengan kehamilan, tentunya organ reproduksi adalah hal vital yang harus diperiksa untuk meyakinkan Anda bahwa kondisi Anda memang bisa untuk hamil.
  • Terapkan pula pola hidup sehat. Anda bisa memulai pola hidup sehat dengan menjauhi hal-hal yang tidak ada manfaatnya untuk kesehatan seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Peluang kehamilan bagi peminum alkohol kurang hingga 50 %. Pria yang merokok juga bisa mengurangi peluang kehamilan pada istrinya, sperma pria yang merokok kurang berkualitas dan ada indikasi ketidak suburan. Olahraga juga bisa membantu menyegarkan dan membugarkan organ-organ tubuh, termasuk organ reproduksi.
  • Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi juga sangat direkomendasikan untuk memastikan kesehatan organ-organ tubuh Anda, terutama organ reproduksi.
  • Jika telah melakukan hal-hal tersebut, dan Anda masih belum juga bisa hamil, sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter Anda. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi ketidak suburan pada pria maupun wanita. Untuk itu, Anda harus memastikan masalah yang ada pada Anda, sehingga Anda sulit sekali untuk hamil. Masalah-masalah medis yang menyebabkan ketidak suburan bisa diatasi sesegera mungkin supaya Anda bisa segera hamil.
  • Jangan lupa, hal yang paling penting adalah berdoa kepada Tuhan supaya Anda dipercaya untuk mendapatkan momongan.

Sumber gambar : tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here