Tips Agar Gula Darah Tetap Terkendali Selama Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi anda yang memiliki riwayat atau mengalami diabetes, puasa bisa menjadi momen yang mengkhawatirkan bagi anda karena mungkin anda akan merasa sulit mengendalikan kadar gula darah. Jika terlalu tinggi atau terlalu rendah, kadar gula darah selama puasa akan bahaya bagi penderita diabetes, meski sebenarnya semua orang mengalami penurunan kadar gula darah saat menjalankan ibadah puasa.

Kadar gula darah saat puasa yang tergolong baik yaitu antara 80 mg/dl sampai 109 mg/dl. Jika dibawah 80 mg/dl maka anda akan mengalami hipoglikemia (kondisi dimana kadar gula darah rendah atau di bawah normal) dan dikatakan buruk atau mengalami hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) jika kadar gula darah puasa anda lebih dari 126 mg/dl. Agar tidak membahayakan kesehatan anda maka perlu mengendalikan gula darah selama puasa tetap normal. Berikut beberapa tips agar gula darah tetap terkendali selama anda berpuasa:

  1. Atur porsi makanan anda

Porsi yang aman bagi anda agar gula darah tetap terkendali yaitu konsumsi karbohidrat sebanyak 45 sampai 50%, serat sebanyak 20-35 gram, protein sesuai dengan kebutuhan tubuh yaitu 20-30% dari total kalori dalam satu hari dan lemak sebaiknya kurang dari 35% total kalori harian anda.

  1. Ada makanan yang harus anda hindari

Beberapa makanan dapat menyebabkan kadar gula darah anda tak terkendali pada saat puasa yaitu hindari karbohidrat sederhana seperti gula dan madu, hindari makan makanan yang di goreng dan makanan dengan kandungan lemak jahat serta usahakan jangan masak makanan dengan mentega yang mengandung lemak jenuh tinggi. Ketika menghindari makanan tersebut, anda bisa menggantinya dengan makan buah-buahan, nasi merah, ikan dan lain-lain.

  1. Berolahraga

Jangan salah, meski puasa ada baiknya anda tetap berolahraga dan olahraga baik untuk penderita diabetes. Namun, jika khawatir menganggu keadaan tubuh anda selama puasa, sebaiknya berolahraga setelah berbuka sehingga tidak menganggu kadar gula darah anda.

  1. Awali buka puasa dengan air putih

Jika waktu berbuka puasa orang dengan kadar gula darah normal bisa langsung makan yang manis-manis. Anda sebaiknya minum air putih terlebih dahulu setelah itu boleh mengonsumsi makanan yang manis.

  1. Tes kadar gula darah selama puasa

Agar anda bisa mengendalikan dengan baik kadar gula darah selama puasa, sebaiknya lakukan tes gula darah sebelum dan 2 jam setelah berbuka, sebelum sahur dan mencapai tengah hari. Karena bisa saja kadar gula darah anda mungkin di bawah 70 mg/dl yang menandakan anda baiknya membatalkan puasa karena berbahaya bagi tubuh anda dan lanjutkan dengan periksa ke dokter. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here