Tips Agar Waktu Sahur tidak Terlewat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada saat bulan ramadhan sahur merupakan hal penting yang harus anda lakukan. Sahur sangat bermanfaat agar anda tidak merasa lapar dan lemas ketika berpuasa hingga sampai saatnya berbuka.

Namun, terkadang tidak jarang anda melewatkan sahur sekali atau dua kali karena waktu bangun anda tidak tepat dan kesiangan. Tentu tidak baik jika sampai anda melewatkan momen sahur ini. Selain lemas dan lapar, melewatkan sahur juga tidak sehat bagi kesehatan tubuh anda. Apalagi bagi anda yang memiliki penyakit magh, pasti melewatkan sahur dapat memungkinkan magh anda muncul.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan anda melewatkan waktu sahur, mungkin karena kelelahan atau karena jam tidur anda yang terlalu larut sehingga tidak bisa bangun lebih awal.

Agar anda dapat menikmati waktu sahur dengan baik, berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan :

  1. Tanamkan niat di hati

Hal yang paling penting agar waktu sahur tidak terlewat adalah niat. Jadi, sebaiknya sebelum anda tidur niatkan dulu hati anda bahwa bisa bangun untuk sahur dan tepat waktu tentunya.

  1. Atur makanan berbuka

Orang yang sedang berpuasa cenderung akan mengonsumsi makanan yang berlebihan pada waktu berbuka. Hal itu dapat membuat anda terlalu kenyang, sehingga anda tidur terlalu nyenyak dan tidak bangun ketika waktu sahur tiba. Ketika berbuka sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan berat.

  1. Jangan terlalu kelelahan

Ketika menjalani aktivitas sehari-hari di bulan ramadhan ada baiknya atur kegiatan anda agar tidak membuat tubuh anda terlalu kelelahan. Kelelahan yang anda rasakan ini merupakan salah satu faktor anda sulit bangun untuk sahur.

  1. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal akan sangat mempermudah anda bangun sahur. Jangan tidur terlalu larut, apalagi sampai bergadang karena akan mengurangi waktu istirahat anda.

  1. Membuat alarm

Salah satu cara yang ampuh untuk membangunkan anda yaitu dengan memasang alarm. Dengan memasang alarm sebelum anda tidur, diharapkan ketika alarm berbunyi maka anda bisa bangun tepat waktu.

  1. Meminta bantuan orang rumah

Bagi beberapa remaja memang memiliki kesulitan untuk bangun pagi. Mungkin karena aktivitas belajarnya yang padat. Mulai dari belajar di sekolah dan juga belajar tambahan di rumah. Bahkan ada yang memilih pelajaran tambahan di tempat les. Sehingga mereka akan kelelahan di malam hari. Tetapi jangan khawatir, karena anda masih tinggal bersama orang tua, anda bisa meminta orang tua atau orang rumah untuk membangunkan anda di waktu sahur. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here