Tips Agar Wanita Menstruasi Secara Teratur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi wanita, menstruasi adalah sebuah siklus berulang yang memang dialami setiap bulannya. Menstruasi atau yang juga dikenal dengan haid adalah kondisi luruhnya dinding rahim yang akhirnya keluar dalam bentuk darah. Kondisi ini biasanya terjadi selama tiga sampai tujuh hari. Pada umumnya, wanita akan mengalami siklus menstruasi dalam waktu 28-35 hari. Tapi, setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda. Ada yang lebih pendek, atau lebih panjang. Normalnya, dalam setahun seorang wanita mengalami menstruasi sebanyak 11 sampai 13 kali.

Namun, menstruasi bisa dikatakan tidak lancer bila terjadi kurang dari 21 hari, atau lebih dari 35 hari. Selain itu, volume keluarnya darah juga bisa menjadi tolak ukur lancar tidaknya menstruasi. Durasi menstruasi yang berubah setiap bulannya juga bisa disebut menstruasi yang tidak teratur. Bagi wanita yang baru mengalami menstruasi, memang normal mengalami menstruasi yang tidak normal. Namun, keadaan ini akan berubah seiring pertumbuhan wanita itu sendiri.

Ketidaklancaran wanita dalam siklus menstruasi terbagi dalam tiga jenis, yakni:

  • Metrorrhagia merupakan kondisi dimana menstruasi tidak teratur, namun menstruasi rutin setiap bulan meski durasinya berubah.
  • Menometrorrhagia merupakan kondisi dimana menstruasi terjadi lebih lama dan mengeluarkan volume darah lebih banyak, tetapi terjadi rutin setiap bulan.
  • Oligomenorrhea merupakan kondisi dimana menstruasi terjadi lebih dari 35 hari. Sehingga dalam setahun ia hanya akan mengalami menstruasi sebanyak enam sampai delapan kali.
  • Amenorrhea merupakan kondisi mentruasi yang akan berhenti dan tidak terjadi selama tiga bulan lebih.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar menstruasi anda dapat berjalan teratur. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Pare/paria. Jenis sayuran yang satu ini memang memiliki rasa pahit. Namun, kandungan yang dimiliki dapat melancarkan haid Anda. Konsumsi secara rutin akanmembuat haid lebih teratur.
  • Jintan. Mencampurkan setengah cangkir jintan, minyak wijen, dan jiggery dapat membuat haid Anda lebih teratur.
  • Jus Buah ara atau papaya. Konsumsi jus buah ara atau papaya dipercaya bisa mengatasi gangguan menstruasi dan memperlancar menstruasi Anda.
  • Perbaiki pola tidur. Dengan pola tidur yang baik, maka Anda juga sekaligus membantu tubuh Anda untuk menjaga keseimbangan hormone.
  • Memperbaiki pola hidup. Pola hidup yang tidak sehat bukan hanya memengaruhi kesehatan tubuh, tetapi juga keseimbangan hormone dalam tubuh Anda. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here