Tips Aman Berjemur saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dalam masa kehamilan, memang banyak ibu yang memilih melakukan liburan bersama suami sebelum masuk kedalam masa persalinannya. Jika liburan tersebut  dilakukan di daerah pesisir pantai pastinya ibu hamil tersebut akan berjemur dibawah sinar matahari. Namun  apakah  hal ini aman?

Bagi  beberapa orang melakukan kegiatan berjemur mungkin merupakan suatu hal yang sia-sia dan hanya membuat panas, namun tahukah anda bahwa aktivitas berjemur dipagi hari dapat menimbulkan kesehatan. Karena sinar matahari dipagi sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat membuat lebih sehat dan tidak mudah terkena berbagai jenis penyakit.

Bagi ibu hamil kegiatan berjemur dibawah sinar mataharipun sangat baik dan bahkan sangat dianjurkan oleh para ahli kandungan. Dan berjemur dibawah matahari sebaiknya dilakukan pada waktu matahari mulai terbit sekitar jam 7 sampai jam 9 pagi. Karena pada jam-jam tersebut sinar matahari sedang dalam keadaan yang  paling sehat dan baik untuk kesehatan. Hal tersebut dikarenakan didalam sinar matahari yang mengandung paling banyak vitamin D.

Dan anda perlu tahu hindarilah berjemur di bawah sinar matahari pada siang hari mulai dari jam 11 sampai seterusnya karena pada jam itu justru matahari memantulkan sinar yang berbahaya karena adanya sinar radiasi UV serta panasnya sinar matahari tersebut bisa membakar kulit. Bukan hanya itu saja bahkan dapat menyebabkan bebagai jenis penyakit terutama pada bagian kulit yang bisa memicu timbulnya penyakit kanker kulit yang membahayakan.

Manafaat berjemur dipagi hari sangat penting bagi ibu hamil kerena ibu hamil memiliki kebutuhan khusus yang harus selalu dicukupi kebutuhannya ibu hamil membutuhkan gizi dan dua kali lipat dibandingkan dengan wanita yang sedang mengandung seperti berikut ini :

  1. Memberikan asupan seperti vitamin D

Nah selain pada beberapa jenis makanan dan minuman, bahwa vitamin D ini dapat juga melalui sinar matahari pagi. Hal inilah yang membuat para ahli sangat menganjurkan kepada ibu hamil untuk melakukan berjemur di bawah matahari karena dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

  1. Membantu tumbuh kembang janin agar lebih optimal

menurut penelitian jurnah bernama jurnal pediatrics yang bisa diakses saat ini hasil penelitian tersebut yaitu menunjukan adanya korelasi positif antara cukupannya vitamin D pada proses kehamilan ditrimester pertama antara cukupnya vitamin D pada proses kehamilan ditrimester pertama dan keduanya yaitu perkembangan kemampuan mental serta motorik bayi yang ada didalam kandungan. Dan dari perkembangan tersebut janin yang baik didalam kandungan adalah tingginya nilai IQ. Yang akan didapatkan kelak ketika seorang anak sudah masuk kedalam jengjang sekolahan. Sedangkan bagi ibu yang kurangan vitamin D justru akan melahirkan anak dengan nilai IQ yang kurang tinggi.

  1. Memiliki kesehatan dan mental yang baik untuk pertumbuhannya

 Bukan hanya pada tes dari IQ yang membuktikan vitamin D itu penting akan tetapi keberadaannya juga sangat penting pada tes mentalnya dan motorik pada anak anda. Seorang anak yang mengandung vitamin D rendah rata-rata akan mendaptkan nilai sebesar 2,6 atau 2,3 tetapi bagi anak yang memiliki asupan vitamin D yang akan lebih tinggi.

  1. Dapat membantu penyerapan kalsium yang tinggi

Didalam Vitamin D juga sangat penting karena adanya penyerapanyang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang anak anda dan kalsium yang tinggi bagi ibuhamil di dalam tubuhnya.

Itu lah 4 manfaat vitamin D bagi kesehatan ibu dan calon buah hatinya. Yang dapat bermanfaat bagi semua ibu hamil. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here