Tips Aman Ibu Hamil Melakukan Perjalanan Jauh saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Waktu terbaik untuk melakukan perjalanan selama kehamilan adalah pada pertengahan masa kehamilan yaitu antara 14 hingga 28 minggu kehamilan. Kepentingan kehamilan paling sering terjadi pada tiga bulan pertama dan tiga bulan terakhir kehamilan, sehingga perjalanan selama awal dan akhir kehamilan berisiko lebih tinggi terhadap kesehatan dan kandungan Anda. Beberapa tips untuk Anda yang sedang hamil selama melakukan perjalanan saat puasa:

  1. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya ibu hamil melakukan konsultasi kepada dokter yang menangani. Pastikan keadaannya fit dan tidak sakit. Jangan memutuskan berangkat, sebelum dinyatakan sehat oleh dokter.
  2. Jika Anda melakukan perjalanan dengan transportasi umum, pastikan Anda menghindari waktu-waktu di mana pengguna transportasi umum sangat banyak, seperti pada pagi dan sore hari agar Anda tidak perlu berdesakan dengan penumpang lain.
  3. Selama masa kehamilan, sedapat mungkin hindari mengendarai atau melakukan perjalanan dengan kendaraan yang memiliki risiko jatuh seperti sepeda atau motor.
  4. Jika Anda melakukan perjalanan dengan mobil, usahakan menyetir dalam waktu singkat. Selama menyetir, sebaiknya Anda sering berhenti di tempat pemberhentian agar Anda dapat bergerak dan melakukan perenggangan pada kaki Anda. Hindari menyetir lebih dari 5 atau 6 jam sehari selama kehamilan. Pastikan Anda menggunakan sabuk pengaman setiap waktu Anda mengendarai mobil.
  5. Gunakan alat pendukung yang membuat nyaman diantaranya korset hamil, bantal leher dan bantal punggung. Kenakan juga kaos kaki dan jaket agar tidak masuk angin.
  6. Perbekalan yang cukup, membawa minyak kayu putih atau minyak angin.
  7. Untuk perjalanan dengan menggunakan pesawat, ketentuan masing-masing maskapai penerbangan domestik terhadap ibu hamil berbeda di Indonesia. Rata-rata batas usia kehamilan yang masih diperbolehkan terbang adalah hingga 32 minggu kehamilan, dengan surat keterangan medis. Jika Anda berencana untuk melakukan penerbangan internasional, batas usia kehamilan yang diperbolehkan oleh maskapai akan lebih dini lagi.
  8. Ketika melakukan penerbangan, Anda dapat mengikuti beberapa langkah ini agar Anda dapat melakukan perjalanan dengan senyaman mungkin:
  • Gunakan sabuk pengaman sepanjang waktu. Sabuk pengaman harus dikancingkan di bawah perut.
  • Jika memungkinkan, pesan kursi di dekat lorong sehingga Anda mudah bangun dan melakukan perenggangan selama perjalanan.
  • Tapakkan kaki di lantai, jangan digantung serta gunakan kaos kaki untuk mengurangi bengkak. Setiap 30 menit gerakkan tubuh, jika memungkinkan berdiri sebentar supaya tidak lelah.
  • Sering minum air mineal karena selama di dalam pesawat akan cepat merasakan dehidrasi.

9. Jika Anda hendak melakukan perjalanan dengan kapal laut, Anda harus waspada terhadap infeksi novovirus. Norovirus adalah kelompok virus yang dapat menyebabkan mual dan muntah berat selama 1-2 hari. Virus ini sangat menular dan dapat menyebar dengan cepat kepada penumpang kapal. Penumpang dapat terinfeksi melalui makanan, minuman, atau menyentuh bagian kapal yang terkontaminasi.

10. Pastikan Anda mengetahui di mana lokasi rumah sakit terdekat dan kontak yang bisa dihubungi, agar Anda dapat memperoleh pertolongan secepatnya jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here