Tips Aman Menyusui Bayi yang Sedang Tumbuh Gigi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menyusui menjadi sarana untuk menyalurkan gizi dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi yang berasal dari ibunya. Aktivitas menyusui ini memang menjadi momen yang paling membahagiakan bagi ibu karena momen ini sulit untuk Anda lupakan.

Pada bayi yang akan atau sedang tumbuh gigi, maka akan terlihat gusi yang memerah dan juga terlihat bengkak di sekitar mulutnya. Ruam merah ini tentunya tidak akan membuat Anda nyaman, terlebih saat Anda intens dalam memberikan ASI kepada si kecil. Berikut tips aman menyusui yang bisa Anda praktekkan di rumah:

  1. Memijat gusi

Sebelum menyusui, usahakan untuk memijat gusi si kecil dengan jari Anda. Pastikan jari-jari Anda sudah dicuci dengan bersih lalu balut dengan kassa bersih dan lakukan pijatan di gusi si kecil.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rasa nyaman pada gusinya yang bengkak dan memerah akibat kemunculan gigi. Dengan begitu, saat menyusui anak tidak akan terlalu banyak menggigit puting yang bisa membuatnya terluka.

  1. Beri mainan gigitan

Pada gusi yang gatal tentunya si kecil akan cenderung menggigit sesuatu untuk mengurangi rasa gatal tersebut. Dengan memberikannya mainan gigitan, setidaknya bayi Anda akan merasa lebih nyaman saat giginya mulai tumbuh. Pastikan Anda memberikan mainan gigitan yang kenyal untuk ia gigit sebelum ataupun setelah menyusui.

Alangkah baiknya jika Anda mendinginkan terlebih dahulu mainan gigitan tersebut agar bisa memberikan sensai dingin saat bayi menggigitnya. Dengan sensasi dingin tersebut tentunya akan membantu menenangkan rasa sakit dan juga gatal pada gusi si kecil.

  1. Susui ketika si Kecil mau dan benar-benar lapar

Jangan paksa si Kecil untuk menyusu karena biasanya dia akan menggigit puting Anda sebagai bentuk keterpaksaannya atau menganggap puting sebagai mainannya.

  1. Ubah posisi menyusui

Mengubah posisi menyusui bisa mencegah puting yang membengkak akibat gigitan si kecil. Posisi menyusui yang salah bisa membuat lebih banyak gigitan. Usahakan untuk memilih posisi menyusui yang nyaman dan memungkinkan Anda melakukan kontak mata dengan si kecil. Anda dan si kecil akan menemukan posisi yang nyaman setelah mencoba berbagai posisi.

  1. Pilih tempat yang nyaman dan tenang untuk menyusui

Tempat yang tenang dan nyaman untuk menyusui membuat si Kecil konsentrasi untuk menyusu tanpa mengigit puting. Sebaliknya, tempat yang ramai akan membuat si Kecil menoleh ke sumber suara tanpa melepaskan puting.

  1. Menyelipkan jari

Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah, hanya dengan meletakkan jari telunjuk ataupun kelingking Anda ke sudut mulut bayi diantara gusinya tersebut. Selain itu, Anda dapat menyelipkan jari Anda  dan pastikan Anda mencuci tangan Anda terlebih dahulu.

Lalu, alihkan dengan cara menggesernya secara perlahan saat bayi Anda kemungkinan terlihat akan menggigit payudara Anda. Selain itu, Anda juga bisa melepaskan payudara Anda sejenak dari hisapan si kecil agar puting Anda tidak terlalu perih dan juga sakit.

  1. Bersikap tetap tenang

Usahakan untuk tetap tenang, jangan berteriak saat puting Anda digigit oleh si Kecil. Suara teriakan Anda akan membuat dia terkejut dan justru akan menguatkan gigitannya lagi. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here