Tips Atasi Anak yang Kecanduan Gadget

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hidup di zaman sekarang tak lepas dari teknologi. Penggunaan teknologi merambah ke hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Tak terkecuali aneka ragam gadget, seperti televisi, telepon genggam, sampai tablet. Sayangnya, konten gadget bisa menerpa kalangan usia berapapun, termasuk anak-anak.

Parahnya, anak-anak bisa kecanduan gadget. Kecanduan akut terhadap gadget pada anak-anak dapat merusak kesehatan mereka, baik fisik maupun mental. Efek merusaknya dalam beberapa hal bisa sama seperti kecanduan alkohol atau narkoba. Duh, gawat kan?

Penelitian yang dilakukan  British Heart Foundation (BHF), menunjukkan bahwa hanya 1 dari 10 balita ‘egenerasi iPad’ yang cukup aktif untuk bisa dikategorikan sehat. Oleh sebab itu, sebagai orangtua, kita bisa mencegah atau mengatasi anak yang kecanduan gadget dengan menerapkan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Membatasi penggunaan

Batasi penggunaan gadget sesuai dengan rekomendasi kelompok umurnya. The American Academy of Pediatrics (2013) dan Canadian Paediatric Society (2010) telah menerbitkan pedoman anak mengonsumsi konten gadget (screen time) berikut ini:

  1. Anak-anak di bawah usia dua tahun: sebaiknya tidak dibiarkan bermain gadget sendirian, termasuk TV, smartphone, dan tablet.
  2. Anak-anak usia dua sampai empat tahun: kurang dari satu jam sehari.
  3. Usia lima tahun ke atas: sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari untuk penggunaan rekreasional (di luar kebutuhan belajar).
  • Beri jadwal

Jadwalkan waktu yang tepat untuk bermain gadget.

  • Jangan beri akses penuh

Letakkan TV atau komputer di ruang keluarga sehingga setiap anak menggunakannya, dia tidak sendirian dan masih dalam pengawasan anggota keluarga lainnya. Selain itu perangkat mobile juga sebaiknya tidak diserahkan pada anak sepenuhnya.

  • Tetapkan wilayah-wilayah bebas gadget

Buat peraturan tidak boleh menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu, misalnya di meja makan, kamar tidur dan mobil.

  • Ajarkan anak pentingnya menahan diri

Pastikan untuk memberikan pujian pada anak ketika ia berhasil menahan diri untuk tidak menikmati konten gadget dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

  • Berikan contoh yang baik

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa anak meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Untuk itu, orangtua juga harus menjadi contoh yang baik, misalnya letakkan smartphone Anda dan bermainlah bersama anak.

  • Kurangi frekuensi bermain secara bertahap

Jangan hentikan kebiasaan anak bermain gadget sekaligus. Cobalah menguranginya secara bertahap. Penghentian sekaligus hanya akan membuat anak memberontak dan marah besar.

  • Aktivitas alternatif

Di luar itu, orangtua juga harus menyiapkan kegiatan alternatif lainnya agar anak tidak bosan dan beralih ke gadget lagi.

  • Ajak anak bersosialisasi dengan teman sebaya

Boleh jadi anak bermain gadget  karena tidak ada aktivitas menyenangkan dengan teman-teman sebaya. Maka, ajak anak untuk bermain dengan teman sebayanya, bisa dengan mengundang teman-temannya ke rumah atau ajak ia berkunjung ke rumah salah sobatnya di sekolah. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here