Tips Atasi Emosi di Kantor saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa boleh saja dilakoni, tapi kinerja di kantor harus tetap dijalani. Tekanan kerja yang terkadang begitu tinggi bisa memancing emosi orang yang menjalankan ibadah puasa. Tapi tenang, ada sejumlah tips untuk mengatasinya, kok!

Kala emosi sudah meninggi, orang bisa lepas kendali. Tak terkecuali bagi pegawai kantoran yang sedang berpuasa. Nah, tips berikut bisa dicoba untuk meredakan emosi di kantor ketika Anda berpuasa.

  • Tarik nafas dalam-dalam

Tarik nafas perlahan melalui hidung. Lalu, hembuskan melalui mulut. Lakukan selama lima hingga 10 detik. Nikmati dan rasakan betul pergerakan udara yang terjadi. Berfokuslah pada penghitungan waktu, bukan pada masalah yang membuat marah. Letupan kemarahan sering muncul ketika orang merasa tegang atau stres sehingga sangat penting untuk tenang dan rileks. Bernapas dalam-dalam adalah cara yang baik untuk mengurangi stres atau ketegangan.

  • Diam

Diam tidak berbicara ketika marah merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan kemarahan. Saat Anda dalam keadaan emosional dan berbicara, maka ada kemungkinan ucapan Anda kurang terkendali sehingga Anda bisa terjerambab pada pembicaraan yang tercela dan bisa menambah runyam masalah.

  • Mengalihkan pikiran

Alihkan pikiran Anda ke hal-hal yang menyenangkan agar emosi Anda mereda.

  • Berpindah tempat

Jika Anda terbelenggu emosi di suatu ruangan kantor, segeralah berpindah ruangan. Perpindahan tempat setidaknya dapat meredakan emosi, meskipun hanya sesaat. Carilah alternatif ruangan lain yang bisa membuat nyaman atau lebih baik lagi pergi ke masjid atau mushola kantor untuk menenangkan diri.

  • Duduk atau berbaring

Ketika emosi Anda meninggi di saat Anda berdiri, maka segeralah mencari kursi untuk duduk. Jika tak banyak membantu, maka berbaringlah. Secara ilmiah terbukti, bahwa sejumlah hormon noradrenalin dalam darah dapat bertambah sampai dua atau tiga kali lipat dalam posisi berdiri selama lima menit. Sementara hormon adrenalin hanya naik sedikit ketika berdiri. Sementara itu, tekanan jiwa atau emosi dapat menyebabkan penambahan kadar adrenalin dalam jumlah besar.

  • Berwudhu

Jika emosi belum mereda, segera berwudhu karena dapat mendinginkan hati Anda yang sedang ‘panas’. Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk salat setelah mengambil wudhu. Panjatkan doa dan mintalah segala sesuatunya agar lebih menenangkan hati.

  • Membaca Al-Quran

Suasana bulan Ramadhan terasa pas untuk mendengarkan bacaan Al-Quran. Selain mendengarkan, membaca Al-Quran juga dapat membantu Anda menenangkan diri.

  • Tetap profesional

Di kantor, Anda tidak bekerja sendirian. Anda memiliki partner dan atasan yang bekerja sama. Bertemu dan bersinggungan dengan hal yang tidak menyenangkan bisa saja terjadi. Sebenci apa pun Anda dengan seseorang atau kondisi tertentu, Anda harus bersikap profesional. Bedakan antara masalah pribadi dan pekerjaan. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY