Tips Atasi Kantuk saat Bulan Ramadhan di Kantor

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi anda yang menghabiskan waktu sehari-hari di kantor, apa yang anda rasakan? Mungkin ada yang merasa lelah karena begitu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, mungkin juga anda merasa mengantuk.

Ketika kantuk menyerang anda di jam kantor, bisa diatasi dengan mengobrol bersama teman kantor atau berhenti sejenak dari bekerja dan menikmati makan siang di waktu istirahat. Tetapi bagaimana dengan rasa kantuk di kantor yang menyerang anda ketika berpuasa?

Rasa Kantuk yang muncul ketika anda berpuasa terjadi karena asupan makanan yang didapat dari waktu sahur perlahan-lahan habis dan berakibat pada penurunan energi.

Selain itu, rasa kantuk juga dapat terjadi karena kurangnya pasokan oksigen pada otak. Oksigen yang kurang ini disebabkan oleh penurunan kadar glukosa darah dan penurunan asupan zat besi. Dimana jumlah zat besi ini cukup penting dalam membantu tubuh menyerap oksigen lebih banyak ke otak dan mengurangi kantuk anda.

Rasa kantuk di bulan puasa yang anda rasakan ini tentu sungguh menganggu. Karena akan mengakibatkan adanya penurunan kinerja anda di kantor. Jadi harus anda atasi rasa kantuk tersebut dengan tips-tips berikut ini:

  1. Minum air putih yang banyak

Saat puasa, dehidrasi akan mudah menyerang anda. Ketika anda dehidrasi maka rasa kantuk juga akan terjadi. Oleh karena itu sebaiknya ketika waktu sahur perbanyak minum air putih minimal 8 gelas. Akan lebih baik jika minum air putih mendekati waktu imsak.

  1. Tidur sebentar

Jika waktu istirahat anda tiba, gunakanlah untuk tidur sebentar sehingga dapat membantu otak anda untuk melepas beban dan meningkatkan produktivitas anda. Selain itu, juga dapat membantu otak untuk bekerja lebih baik.

  1. Mendengarkan musik

Musik adalah salah satu cara jitu untuk mengusir kantuk yang anda rasa. Musik ini dapat menstimulasi semangat dan kreativitas anda dalam pekerjaan serta yang paling penting membasmi rasa kantuk.

  1. Mengobrol

Anda bisa menghilangkan rasa kantuk dengan mengobrol bersama teman kantor. Dengan mengobrol, anda bisa membahas tentang hal yang lucu dan lain sebagainya sehingga anda akan tertawa dan rasa kantukpun hilang.

  1. Cuci muka dan shalat

Jika cara-cara di atas kurang efektif mungkin anda bisa menggunakan cara ini, yaitu cuci muka atau mengambil air wudlu dilanjutkan dengan shalat.

  1. Olahraga kecil

Olahraga kecil yang dapat anda lakukan seperti stretching dan jalan-jalan di sekitar ruang kantor. Hal itu dapat membantu anda merasa lebih enerjik. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY