Tips Atasi Nyeri saat Bercinta Pasca Melahirkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pasca melahirkan merupakan keadaan yang membuat ibu masih merasa takut dalam berkegiatan termasuk menahan untuk berhubungan intim. Tidak sedikit ibu menahan hubungan seksual dengan suami sampai setelah masa nifas selesai karena takut akan timbul rasa nyeri atau resiko lain saat berhubungan seksual.

Menurut Pakar Urologist, MD dan pemilik UTI Tracker, berhubungan intim setelah melahirkan diperbolehkan. Namun harus sedikit dibatasi dan berhati-hati karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan beresiko menimbulkan iritasi dan resiko lainnya.

Untuk mencegah dari timbulnya rasa nyeri tersebut, beberapa tips berikut dapat anda terapkan sebelum berhubungan intim:

  1. Lakukan pemanasan yang cukup

Foreplay sangat membantu dalam kelancaran berhubungan intim. Karena dalam beberapa kasus foreplay atau pemanasan sebelum bercinta yang kurang membuat vagina kurang lemas dan tidak licin sehingga penetrasi tidak berjalan lancar. Foreplay dapat dilakukan dengan memberikan rangsangan seksual seperti berciuman, memberikan ciuman leher dan rangsangan lainnya.

  1. Rileks dan jangan tegang

Kondisi pasca melahirkan memang membuat ibu masih merasa takut dan khawatir dalam segala hal termasuk juga saat akan berhubungan intim. Rasa takut ini jugalah yang dapat membuat vagina menjadi kaku dan kering sehingga iritasi, mudah tergores dan menimbulkan luka. Sebaiknya ibu tetap rileks dan menghilangkan rasa tegang pada saat akan melakukan aktivitas seksual.

Pasangan dapat membantu dalam menciptakan suasana yang nyaman, santai dan tidak tergesa-gesa agar membantu membuat otot-otot vagina menjadi lemas sehingga dapat meminimalisir timbulnya rasa nyeri saat berhubungan seksual.

  1. Gunakan tambahan pelumas

Tambahan pelumas sangat diperlukan pada ibu pasca melahirkan. Jika ibu masih merasa takut akan timbul rasa nyeri saat akan berhubungan seksual, pelumas dapat menjadi solusi nya. Dengan kondisi vagina yang licin ditambah dengan pelumas dapat membantu mengurangi resiko gesekan berlebih pada saat penetrasi. Pasangan dapat memilih pelumas atau lubrikasi tambahan yang bersih dan steril untuk mencegah timbulnya resiko infeksi pada vagina.

  1. Pilihlah posisi yang tepat saat berhubungan intim

Kondisi vagina pada ibu pasca melahirkan masih sangat sensitif. Ditambah ibu yang menyusui akan terjadi vaginal atrophy yaitu keadaan dimana vagina yang menipis dan mengeringnya jaringan vagina akibat dari menurunnya kadar esterogen dalam tubuh. Pemilihan posisi bercinta yang tepat akan membantu dalam mengurangi resiko nyeri saat berhubungan intim.

Beberapa pilihan posisi bercinta yang cukup aman untuk ibu pasca melahirkan yaitu women on top, spooning, on chair, partner standing dan misionaris. Untuk mendapatkan pilihan posisi yang paling pas dan nyaman, anda dan pasangan dapat melakukan percobaan sampai menemukan posisi yang paling nyaman.

Empat tips diatas dapat anda terapkan pada saat berhubungan seksual sebagai cara mengatasi nyeri berlebih agar mencapai kepuasan seksual yang diinginkan. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here