Tips Bagi Orangtua untuk Anaknya yang Asik Bermain Internet

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, banyakkah yang merasa bingung untuk bertindak saat anak sedang asik bermain internet? Jika ya, artikel berikut akan memberikan tipsnya sebagai berikut:

Tips Mengawasi Anak yang Bermain Internet

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi semakin lama semakin membawa dampak kemajuan bagi perkembangan anak. Tak terkecuali dengan kebiasaan anak bermain internet yang sudah tidak bisa dihindari. Lalu bagaimana tindakan orangtua agar anak tetap sehat secara fisik dan psikologis meski bermain internet? Jawabannya ialah sebagai berikut:

  • Menjalin Hubungan yang Baik

Tidak bisa dilepaskan lagi, bahwa hubungan yang baik antara orangtua dan anak akan menghasilkan sinergi yang positif. Pastikan anak memiliki sifat terbuka pada orangtua sehingga apa yang dilihat dan dialaminya mau bercerita dengan orangtua. Tak terkecuali terbuka mengenai situs-situs apa saja yang seringkali dibuka anak untuk bermain sehari-hari.

  • Sebelum Memberi Gadget Buat Perjanjian yang Indah

Sebelum Anda memberikan permainan gadget pada anak. Sebaiknya buat perjanjian yang indah. Pastikan anak Anda yang diberi permainan gadget saat usia anak sudah mulai paham untuk diajak berkomunikasi. Anak boleh bermain internet sendiri dengan jam-jam yang tidak mengganggu waktu belajar. Buat perjanjian apabila bermain gadget saat hari libur atau dengan periode waktu yang sudah ditentukan sehingga anak tidak kecanduan.

  • Mendampingi Anak

Biasakan orangtua mendampingi anaknya ketika bermain sehingga tidak ada hal yang disembunyikan kepada orangtua. Pastikan ketika anak Anda membuka situs di internet, Anda pun berada di dekat atau di belakangnya sehingga bisa mengawasi anak tanpa anak merasa terganggu.

  • Batasi Permainan Internet

Anda juga bisa membatasi kegiatan anak dalam bermain internet dengan cara sudah menyiapkan laman atau aplikasi tertentu yang boleh dibuka anak. Jadi anak tidak mencari sendiri informasi di situs lain yang bisa jadi berisi konten yang merusak psikologis anak.

  • Tanamkan Fungsi Internet Sebagai Hal Positif

Anda bisa menanamkan cara-cara yang baik agar di jiwa anak tertanam bahwa internet ialah hal yang positif. Biasakan untuk saling bertanya jawab, lalu biarkan anak mencari jawabannya melalui internet. Kegiatan ini akan menanamkan nilai pada anak bahwa internet ialah sarana untuk mencari pengetahuan yang bermanfaat, sebaliknya bukan untuk disalahgunakan.

  • Biasakan Orangtua dengan Santai Membuka Gadget Anak

Gedget merupakan barang pribadi, tapi jika anak Anda masih di bawah umur sebaiknya tanamkan nilai bahwa gadget boleh dipinjam atau diperiksa siapa saja termasuk orangtua.

Demikian informasi mengenai tindakan yang harus dilakukan orangtua terhadap anak yang sedang asik bermain internet. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca setia. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY