Tips Bagi Remaja Memasuki Dunia Perkuliahan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Para pembaca remaja, masuk ke perguruan tinggi negeri menjadi impian. Meski begitu perguruan tinggi swasta juga tidak kalah bagus, tergantung pilihan masing-masing. Hal yang paling penting ialah melakukan yang terbaik selama perkuliahan, sehingga dapat menghasilkan prestasi yang terbaik pula.

Persiapan Masuk Dunia Perkuliahan

Remaja selama sekolah yang akan memasuki dunia perkuliahan perlu adanya yang harus dipersiapkan. Masa sekolah dengan masa kuliah merupakan hal yang sangat berbeda. Jika biasanya harus memakai seragam, maka saat kuliah memakai baju bebas. Jika biasanya sangat dikontrol oleh orangtua, maka saat kuliah harus sudah mulai mandiri. Apalagi jika remaja tersebut ingin menjalani masa kuliah di tanah rantau sehingga harus menjadi anak kos.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memasuki dunia perkuliahan di kampus yang diinginkan sebagai berikut:

  • Strategi mengerjakan soal. Penilaian hasil ujian masuk PTN berbeda dengan ujian, sebab banyak soal jebakannya, dan memiliki bobot penilaian yang berbeda. Poin soal benar bernilai +4, poin salah bernilai -1, dan poin yag tidak terjawab bernilai 0. Sistem penilaian tersebut harus dikerjakan dengan strategi tertentu, misalnya dengan mengerjakan soal yang paling dikuasai.
  • Berlatih soal dan mengikuti try out. Tipe soal ujian masuk PTN dari tahun-tahun sebelumnya hampir sama, hanya berbeda angka atau variabelnya saja. Rajin lah menggunakan try out sebab untuk melatih soal.
  • Disiplin. Persiapkan segala sesuatunya secara konsisten dan disiplin. Setiap hari harus berlatih sekitar 3 soal.
  • Berdoa dan menyerahkan diri. Berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Usaha biar kita yang mengupayakan, tapi hasil biar Yang Maha Kuasa yang menentukan.

Tips Memilih Jurusan

Setiap remaja memiliki keahlian dan keinginan masing-masing untuk meraih mimpinya. Tapi tak ayal ada banyak remaja yang justru kebingungan ketika akan masuk ke dunia perkuliahan pertama kali lantaran bingung dengan jurusan yang akan diambil. Apalagi jika remaja tersebut bukan berasal dari keluarga yang juga mengenyam pendidikan tinggi. Tips memilih jurusan sebagai berikut:

  • Pilih jurusan berdasarkan kemampuan. Kemampuan bisa dilihat dari nilai rapor atau bakat yang dimiliki.
  • Pilih jurusan berdasarkan keinginan dan minat. Apa yang kita inginkan dan kita minati tentu akan lebih bahagia untuk menjalaninya.
  • Pilih jurusan berdasarkan passing grade. Passing grade ialah nilai yang harus diraih berdasarkan kuota pada jurusan yang kita inginkan.

Tips Menghadapi Awal Kuliah

Saat pertama kali masuk dunia perkuliahan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dari fisik, mental, rohani, materi, dan sebagainya seperti berikut:

  • Jaga kesehatan. Kegiatan awal perkuliahan sangat padat karena ada masa orientasi dan penyesuaian di perguruan tinggi.
  • Persiapan mental. Masuk dunia perkuliahan akan banyak perubahan yang harus dihadapi karena mahasiswa sebagian besar lebih individualis dibandingkan dengan teman sewaktu SMA. Mandiri menjadi salah satu kunci.
  • Kuatkan rohani dan iman. Perkuliahan merupakan tempat yang begitu banyak pengaruh dan aliran, jaga lah kesehatan rohani agar tidak terjerumus ke pergaulan bebas dan bruuk.
  • Menabung. Sebelum masuk kuliah hal yang paling penting ialah dengan menabung. Sebab kebutuhan di awal perkuliahan sungguh banyak. Baik itu kebutuhan perkuliahan dan harian, terlebih jika menjadi anak kos.

Persiapkan kuliahmu dengan baik selama duduk di bangku SMA. Remaja yang bermanfaat ialah remaja yang mau belajar. Jangan biarkan masa remajamu terlewat begitu saja dengan sia-sia. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here