Tips Bagi Remaja saat Menghadapi Penolakan

www.sehatfresh.com

Sehat Fresh.com – Sahabat remaja, pernah merasa down dan frustasi saat menghadapi penolakan? Tentunya hampir setiap remaja pernah mengalami bagaimana rasanya ditolak cintanya atau pun oleh lingkungan sekolah, kampus, kerja, bahkan di kelurda pun bisa jadi dialami oleh setiap orang ketika remaja. Lalu bagaimana sikap remaja seharusnya saat menghadapi penolakan? Simak tipsnya berikut ini!

Bagaimana Cara Remaja Menghadapi Penolakan?

Penolakan yang dialami oleh para remaja seperti penolakan cinta, penolakan pertemanan dan penolakan dalam keluarga seringkali terjadi. Jika dilihat dari manfaatnya sebenarnya melalui penolakanlah seorang remaja mau memperbaiki kualitas diri dan melakukan instropeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Tapi faktanya yang terjadi justru sebaliknya, karena penolakan cinta, penolakan pertemanan, atau pun penolakan dalam keluarga justru membuat banyak remaja down, terpuruk, bahkan frustasi.

Ada beberapa cara menghadapi penolakan bagi remaja sebagai berikut:

  • Berdoa

Setelah mengalami penolakan, apapun bentuknya, segeralah berdoa menurut keyakinan masing-masing. Melalui berdoa tentu rohani seorang remaja dapat terbangun. Timbul rasa aman karena percaya bahwa sekalipun manusia menolaknya tapi Tuhan YME masih mau menerima atau menyayanginya.

  • Menghibur Diri dengan Cara Positif

Jika seorang remaja merasa sakit hati karena ditolak cintanya, ditolak atau diacuhkan teman-temannya, atau ditolak oleh keluarganya karena merupakan saudara tiri misalnya, maka segera mungkin menghibur diri. Menghibur diri di sini bisa dengan mendengar lagu rohani, pergi ke tempat favorit, perawatan di salon, atau jalan-jalan. Untuk meredakan rasa sakit hati tentu perlu merefresh otak.

  • Mencurahkan Isi Hati

Mencurahkan isi hati tentunya harus hati-hati sebab jika tidak pada orang yang tepat malah bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Mencurahkan isi hati bisa pada orangtua, sahabat, atau pun dalam bentuk catatan harian. Menulis juga merupakan salah satu car untuk mencurahkan isi hati. Dengan cara mencurahkan isi hati, seseorang yang sedang bersedih bisa meredam hatinya dan bisa merasa plong.

  • Berkumpul dengan Orang Lain

Jika ada satu lingkungan yang menolak Anda, tentu di lingkungan lain ada yang bisa menerima Anda. Jangan merasa sendiri dan merasa kesepian. Banyak orang yang bisa menerima Anda dan lebih menghargai Anda. Teman bukan hanya satu kelompok saja, tapi dengan siapa pun Anda bisa berteman. Jika teman sekolah mengacuhkan, Anda bisa berteman dengan teman les bimbel, dan lain sebagainya. dengan berkumpul dengan orang lain tentu akan membuat perasaan sakit Anda pada orang yang sebelumnya bisa teratasi.

  • Gunakan Waktu untuk Hal Positif

Seorang yang sudah mengalami penolakan sangat riskan untuk melakukan tindakan bodoh. Tapi jika sudah bisa mengendalikan diri tentu seseorang akan lebih sadar untuk menggunakan waktunya untuk kegiatan positif. Daripada galau memikirkan seseorang yang sudah menolak Anda, sebaiknya Anda sibuk mengisi kegiatan untuk berprestasi lebih lagi.

Demikian informasi mengenai tips bagi remaja saat menghadapi penolakan. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY