Tips Bercinta untuk Pasangan Lansia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hubungan seks adalah salah satu yang menjadi kunci keharmonisan sebuah hubungan suami istri. Menjaga kehidupan seks tersebut wajib dilakukan bahkan hingga usia pernikahan mencapai puluhan tahun sekalipun. Kebanyakan orang tidak mengetahui cara seks sehat, termasuk para lansia.

Kebanyakan pasangan umumnya akan mengalami masalah seks ketika usia pernikahan sudah menginjak belasan tahun. Masalah seks tersebut bisa dipicu berbagai hal seperti faktor kesehatan, faktor kesibukan, maupun terdorong rasa bosan. Tentunya, hal semacam ini tidak boleh dibiarkan terjadi karena akan sangat berbahaya bagi keharmonisan rumah tangga.

Demi kelancaran hubungan seks adalah tugas pasangan untuk bersama-sama menjaga hubungan seks dalam pernikahan. Menjaga hubungan seks dalam pernikahan sebaiknya dilakukan terus-menerus, bahkan ketika sudah menginjak usia tua atau lansia. Melakukan seks sehat untuk lansia sangat dianjurkan demi menjaga keutuhan keharmonisan rumah tangga pasangan.

Sekalipun sudah menginjak usia lansia, pasangan harus bisa menemukan cara seks yang tepat untuk bisa menjalani kehidupan seks sehat. Berikut ini beberapa tips yang berkaitan dengan seks sehat untuk lansia, diantaranya:

  • Menjaga kemesraan adalah awal dari seks sehat. Perlu diketahui bahwa menjaga hubungan yang mesra dengan pasangan sekalipun sudah lansia adalah awal dari hubungan seks yang sehat. Sering berciuman atau berpelukan dengan mesra adalah cara seks yang tepat untuk mewujudkan seks sehat untuk lansia. Sering melakukan kegiatan ini akan mempertahankan ikatan emosional yang tentu saja bermanfaat ketika melakukan seks yang sesungguhnya.
  • Olahraga menjaga kebugaran tubuh. Salah satu yang bisa mengganggu kehidupan seks lansia adalah faktor kesehatan. Rajin-rajinlah berolahraga bersama pasangan agar kesehatan dan kebugaran tubuh terjaga. Jika tubuh sehat dan bugar, tentu tidak ada masalah untuk menjalankan seks sehat untuk lansia. Selain itu, tubuh pasangan akan cukup siap melakukan berbagai gaya bercinta. Pilih beberapa sebagai cara seks untuk pasangan. Disarankan untuk memilih gaya-gaya yang mudah dan tidak terlalu menguras tenaga.
  • Melakukan aktivitas bersama. Menikmati usia lansia dapat dilakukan dengan cara menghabiskan banyak waktu bersama. Misalnya, ketika sudah sama-sama pensiun dari pekerjaan, maka kegiatan yang disarankan adalah travelling atau mengerjakan hobi bersama-sama. Diharapkan dengan kegiatan ini akan menambah kedekatan antar pasangan akan selalu terjaga sehingga untuk melakukan seks pun tidak jadi masalah.
  • Konsumsi makanan sehat. Mendapatkan kehidupan seks yang sehat, pasangan juga disarankan untuk menjaga pola makan. Tubuh membutuhkan asupan makanan yang sehat, apalagi jika sudah menginjak usia lansia. Pilihlah makanan-makanan yang kaya serat dan vitamin seperti sayur-sayuran dan buah. Hindari mengkonsumsi terlalu banyak gula, lemak, alkohol, bahkan rokok. Menerapkan pola makan sehat akan membuat tubuh sehat dan seks sehat bisa didapatkan.
  • Pilih gaya bercinta yang mudah. Terdapat berbagai macam gaya bercinta atau posisi bercinta yang bisa dipilih pasangan suami istri. Khusus seks sehat untuk lansia, disarankan untuk memilih cara seks yang sederhana dan mudah saja. Pilihlah gaya gaya bercinta seperti missionary atau menyamping yang mudah dilakukan dan tidak menguras tenaga. Hal ini penting agar pasangan lansia bisa menjalani seks sehat secara rutin tanpa takut kelelahan.
  • Menjabarkan lebih dalam arti seks bagi anda dan pasangan. Seks bagi lansia tidak harus selalu terjadi penetrasi. Sudah bayak hal yang berubah dalam diri anda termasuk perubahan pada genital anda dan pasangan.
  • Bicarakanlah seks dengan ringan, disertai humor, godaan dan rayuan untuk membangkitkan gairah Anda dan pasangan.
  • Anda tidak perlu malu-malu, cobalah untuk rileks.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY