Tips Berhemat Kebutuhan Belanja di Bulan Ramadhan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika bulan Ramadhan, berbagai harga kebutuhan pokok pasti akan melonjak naik. Pengeluaran setiap keluarga pun menjadi lebih tinggi, jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Belum lagi jika ada acara buka puasa bersama rekan kerja atau kerabat dekat, pasti akan membuat pengeluaran menjadi lebih besar. Lantas bagaimana cara menghemat kebutuhan belanja di bulan Ramadhan?

  1. Disarankan untuk belanja kebutuhan dalam jumlah besar

Tanpa disadari berbelanja dalam jumlah yang besar sebenarnya bisa lebih menghemat pengeluaran. Alhasil jika sebelumnya terbiasa berbelanja setiap minggu dalam jumlah kecil, maka sesekali cobalah untuk berbelanja satu bulan sekali dalam jumlah yang lebih besar. Penghematan yang diperoleh bisa diakumulasi dari beberapa perhitungan.

Pertama belanja sekaligus dalam jumlah besar, maka bisa menghemat biaya bensin atau tidak perlu membayar ulang uang parkir. Kedua toko atau swalayan biasanya memberikan harga lebih murah, pada produk yang dibeli dalam jumlah yang besar. Ketiga tenaga yang digunakan juga lebih efesien.

  1. Disarankan membuat cemilan makanan sendiri

Keinginan yang berlebih kerap dialami kaum wanita, khususnya saat sedang belanja di pertokoan. Terlebih jikamemasuki bulan puasa, berbagai macam kue menjadi begitu menarik di mata setiap wanita. Apabila tidak bisa menahan diri, akhirnya kue-kue itu akan dibeli tanpa mempertimbangkan siapa yang nanti akan menghabiskannya.

Guna menghemat pengeluaran, seseorang bisa mensiasati dengan membeli kue-kue yang memang sulit untuk dibuat. Sementara itu untuk kue-kue yang mudah dibuat, maka bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Alhasil seseorang cukup membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kue itu.

Terlebih zaman internet seperti sekarang ini, berbagai informasi bisa dengan mudah ditemukan. Carilah resep-resep pembuatan kue yang diinginkan, kemudian buat sendiri kue tersebut di rumah. Langkah ini akan lebih memuaskan diri, sekaligus bisa menghemat pengeluaran dalam belanja.

  1. Disarankan untuk memanfaatkan promo atau diskon

Bagi pengguna kartu kredit dan debit, situasi seperti ini mungkin sangat menguntungkan. Hal itu dikarenakan bank biasanya akan memberikan diskon atau promo untuk merangsang transaksi konsumen menggunakan kartu kredit.

Jangan ragu memanfaatkan promo atau diskon, apabila memang harga yang ditawarkan lebih murah. Bagi yang tidak memiliki kartu kredit, bisa juga memanfaatkan harga diskon dan promo di swalayan-swalayan. Namun demikian tetap selektif memilih barang yang ingin dibeli, sehingga pengeluaran belanja bisa lebih hemat.

  1. Berbelanja kebutuhan harus sesuai dengan kemampuan

Tidak dipungkiri jika masyarakat Indonesia masih senang memeriahkan Hari Raya Idul Fitri dengan membeli pakaian baru. Tidak sulit juga untuk membeli pakaian baru, karena setiap toko pasti menawarkan berbagai model-model menarik.

Hanya saja kondisi tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan pribadi masing-masing. jangan sampai membeli pakaian dengan harga yang terlalu mahal, karena hanya akan membuat pengeluaran membengkak. Dampaknya kebutuhan-kebutuhan lain yang lebih penting, bisa saja justru tidak bisa dipenuhi. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY