Tips Berkendara Sepeda Motor yang Aman saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat menjalani ibadah puasa, kita tidak mungkin berdiam diri saja di rumah. Pasti kita tetap beraktivitas seperti biasanya, tetap bekerja atau melakukan aktivitas di luar. Selain bekerja, anda pasti sekali atau dua kali ingin berbuka puasa di luar agar tidak bosan dengan berbuka makanan rumahan saja.

Pada saat pergi keluar tidak sedikit dari anda pasti menggunakan kendaraan motor. Kondisi jalan saat puasa memang kadang membuat kita emosi karena macet dan lain sebagainya. Sehingga membuat kita susah tenang dan tidak berkosentrasi.

Akibatnya tidak jarang di bulan puasa ada saja yang mengalami kecelakaan karena tidak mengendarai motornya dengan aman, tentunya hal itu sangat berbahaya. Agar anda berkendara sepeda motor dengan aman saat berpuasa. Anda bisa mengikuti tips berkendara sepeda motor yang aman saat puasa seperti di bawah ini:

  1. Perhatikan asupan sahur anda

Tak hanya emosi saja yang membuat anda tak aman saat mengendarai motor di bulan puasa. Rasa lelah dan lemas saat anda mengendarai motor akan membuat anda tidak kosentrasi di jalan dan akhirnya membahayakan diri anda, jadi harus dicegah. Caranya dengan memastikan makanan yang anda konsumsi saat sahur bernutrisi sehingga saat siang anda tidak terlalu lemas karena ada cadangan nutrisi yang cukup dalam tubuh. Makan makanan yang mengenyangkan saat sahur, makan buah dan sahur dan jika bisa hndari mengonsumsi gorengan karena bisa membuat anda merasa haus.

  1. Minum air putih yang cukup

Saat di perjalanan kesehatan adalah yang utama. Rasa haus atau dehidrasi bisa saja menganggu kesehatan anda saat berkendara sehingga untuk mencegah dehidrasi anda harus minum air putih yang cukup. Pastikan minum 8 gelas air setiap hari. Saat sahur anda bisa minum air putih sebanyak 3-4 gelas, 4 gelas sisanya bisa di minum saat berbuka puasa 2 gelas dan setelah shalat isha atau hendak tidur 2 gelas air putih.

  1. Gunakan baju yang aman saat berkendara

Jika kebutuhan nutrisi dan cairan sudah terpenuhi saat sahur. Maka saat hendak pergi mengendarai motor pakailah baju yang aman dan nyaman. Pilih bahan baju yang tidak mudah membuat anda berkeringat sehingga akan mencegah anda dari dehidrasi dan juga menjaga anda dari paparan sinar matahari.

  1. Jaga kesehatan tubuh

Agar bisa berkendara tentunya tubuh anda harus sehat. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menjaga kesehatan tubuh agar aman mengendarai motor saat puasa. Agar tubuh tetap sehat pastikan anda istirahat yang cukup dan juga sekali atau dua kali dalam seminggu tetap berolahraga di bulan puasa. Anda bisa melakukan olahraga ringan agar tidak kelelahan.

  1. Pastikan kondisi kendaraan baik

Tak hanya tubuh saja. Motor yang anda kendarai juga harus dal keadaan baik sehingga anda aman. Pastikan mesin dalam keadaan yang bagus dan bahan bakar motor juga terisi. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here