Tips Berpuasa bagi Penderita Maag pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit maag terjadi akibat peradangan yang terjadi pada lambung dan kerap menyerang pada orang yang memiliki pola makan tidak teratur. Tingkat stres yang tinggi juga bisa menjadi penyebab sakit maag. Karena itu, orang yang menderita maag wajib makan teratur dan menghindari beberapa makanan pantangan yang bisa menyebabkan peningkatan asam lambung. Lalu bagaimana jika orang yang terkena penyakit maag harus berpuasa pada bulan Ramadhan?

Cara berpuasa orang maag memang harus diperhatikan. Asalkan sakit maag yang diderita tidak terlalu kronis, penderita maag tetap boleh menjalankan puasa. Namun sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu agar bisa mendapat saran yang tepat selama puasa.

Ada beberapa pantangan yang harus dihindari dan ada anjuran yang harus dilakukan. Untuk lebih jelas silahkan cermati Tips Berpuasa untuk penderita Maag dibawah ini:

Pantangan Penderita Maag saat Berpuasa :

  • Hindari konsumsi makanan yang berlemak, digoreng, makanan yang rasanya asam (termasuk buah), Makanan ekstra pedas, makanan olahan, Makanan yang terlalu manis, karbohidrat olahan (roti), Makanan mengandung Gas (sawi, nangka, dan durian), makanan yang merangsang merangsang sekresi ( kopi dan teh), makanan lengket (beras ketan, mie, dodol, maizena, talas dan singkong).
  • Minuman berkafein (kopi, teh, dan soda)
  • Hindari juga Rokok dan Obat-obatan yang memperburuk kondisi peradangan dalam lambung.

Anjuran untuk Penderita Maag agar Sehat saat Berpuasa :

  • Apabila anda penderita Maag organic, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum anda memutuskan untuk berpuasa. Boleh atau tidaknya anda berpuasa tergantung tingkat keparahan penyakit yang anda derita. Biasanya Dokter juga mungkin juga akan memberikan obat-obatan untuk dikonsumsi saat sahur atau berbuka.
  • Jangan melewatkan sahur, dan makan sahur dengan jenis makanan yang bisa dicerna secara lambat oleh tubuh sehingga perut terasa kenyang lebih lama.
  • Konsumsi kurma saat sahur dan berbuka (Kurma adalah jenis makanan yang banyak mengandung serat, kalium, karbohidrat, dan magnesium).
  • Konsumsi kacang almond sebagai sumber protein dan serat. Dan Pisang sebagai sumber kalium, karbohidrat, dan magnesium.
  • Saat berbuka, makan pelan-pelan dalam porsi sedikit dan dilanjutkan setelah Tarawih.
  • Minum susu saat sahur untuk meredakan peradangan di dalam lambung. Dan perbanyak minum saat sahur dan saat berbuka atau malam hari.
  • Konsumsi pepaya matang dan wortel. Hal ini bertujuan untuk membantu mencerna makanan berminyak dan berlemak. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah-buahan yang tidak menjadi pantangan pada penjelasan di atas.

Lakukan olahraga ringan untuk merangsang otak memproduksi hormon katekolamin yang berfungsi untuk mengurangi asam lambung, sehingga penyakit maag tidak kambuh saat Berpuasa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY