Tips Berpuasa Bagi Wanita Penderita Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Para peneliti serta ahli kesehatan di College London Diabetes Centre menyarankan agar setiap penderita diabetes siap menjalankan perubahan pola hidup di bulan Ramadan yang mungkin akan sangat berbeda dengan pola hidup sebelumnya. Saat menjalankan ibadah puasa, setiap penderita diabetes juga harus memperhatikan betul-betul setiap asupan nutrisi yang ia konsumsi.

Pada dasarnya, penderita diabetes diperbolehkan berpuasa dengan syarat diabetes yang dideritanya terkendali dan tidak tergolong berat. Namun, untuk berjaga-jaga, berikut adalah sejumlah tips berpuasa bagi penderita diabetes, khususnya wanita:

  • Berkonsultasi

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk berkonsultasi atau memeriksakan diri ke dokter sebelum memutuskan berpuasa. Hal ini dilakukan agar dokter bisa memberikan saran atau memandu saat menjalankan ibadah puasa. Terlebih bagi wanita yang sedang hamil dan diketahui menderita diabetes.

  • Konsumsi sayuran dan buah

Para ahli menyarankan agar saat berbuka dan sahur, para penderita diabetes memperbanyak konsumsi makanan yang non-tepung. Makanan ini bisa berupa sayuran dan buah-buahan. Biji-bijian, ubi jalar, sereal kaya serat, daging tanpa lemak, telur, ikan, susu, dan yogurt juga disarankan untuk dikonsumsi.

  • Hindari gula buatan

Selama berpuasa, sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi gula buatan. Jika ingin mengonsumsi makanan yang manis, penderita diabetes bisa menggantinya dengan konsumsi buah dan sayur yang manis. Tapi ingat, konsumsi buah dan sayur yang mengandung glukosa ini juga tidak boleh berlebihan.

  • Jaga asupan mineral

Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi air putih secukupnya saat berbuka puasa dan sahur.

  • Kontrol diri

Makan secara berlebihan saat bulan puasa nyatanya tidak dianjurkan karena akan mengganggu kesehatan, terlebih bagi penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, hindari mengonsumsi makanan ‘berat’. Bila ini dilakukan, akan berpotensi terjadinya hiperglekimia. Jaga asupan energi dengan makanan yang lebih ‘ringan’ kurang-lebih dua sampai tiga kali. Dengan kata lain, makanlah dalam porsi kecil. Cara ini efektif membantu Anda dalam mengurangi naiknya gula darah.

  • Memantau gula darah

Bagi penderita diabtes tipe 1 ketika menjalankan puasa harus diawasi dengan cermat. Memantau gula darah dengan rutin adalah hal yang harus dilakukan agar risiko terjadinya hal-hal tidak diinginkan berkurang.

  • Diet seimbang

Ketika puasa, penderita diabetes tetap harus menjalankan diet seimbang seperti hari-hari biasanya. Perbedaannya mungkin hanya pada waktu, bukan pada kualitas dan kuantitas dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

  • Jangan lewatkan sahur

Waktu sahur jangan dilewatkan karena jika melewatkannya, maka akan membuat kadar gula darah tinggi. Lakukan makan sahur menjelang imsak, jangan saat tengah malam.

  • Hindari kafein

Penderita diabates juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Tujuannya agar tidak memicu rasa haus saat berpuasa. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here