Tips Bersemangat Sekolah saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kini, seluruh umat Islam mulai memasuki bulan yang paling ditunggu, bulan Ramadan. Pada bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Menahan haus dan lapar dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Meski harus menahan lapar dan haus, puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Aktivitas rutin tetap harus dikerjakan seperti biasa. Salah satunya kegiatan sekolah bagi para siswa dan  siswi. Walaupun durasi sekolah dikurangi, melakukan kegiatan belajar disaat perut kosong bukan hal mudah.

Konsentrasi dan semangat mereka akan menurun, terutama saat siang hari. Untuk menjaga semangat dan konsentrasi dalam bersekolah, berikut tips yang bisa dilakukan :

  1. Niat

Ada pepatah yang mengatakan, “segala sesuatu yang diawali dengan niat, maka akan terasa lebih mudah”. Hal ini juga berhubungan dengan semangat sekolah saat berpuasa. Jika anak dibiasakan untuk mengawali puasa dengan niat ikhlas dan tulus, puasa mereka akan terasa lebih ringan. Dengan niat ikhlas berpuasa akan menjaga stamina mereka dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

  1. Menjaga asupan

Meskipun sedang berpuasa, kebutuhan harian tetap harus terpenuhi. Caranya adalah dengan menjaga makanan yang kita konsumsi saat berbuka dan sahur. Hindari mengkonsumsi makanan yang pedas, asam, dan minuman bersoda, terutama bagi yang menderita penyakit lambung.

Makanan yang dianjurkan berupa makanan yang kaya serat, agar kenyang dapat bertahan lebih lama. Sebaiknya, sahur dilakukan diakhir waktu dan berbuka lebih awal.

  1. Menjaga cairan tubuh

Kebutuhan harian cairan tubuh sekitar 2 liter per hari atau 8 gelas per hari. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi saat berpuasa membuat tubuh menjadi lemas. Untuk itu, menjaga cairan tubuh saat berpuasa bisa menambah semangat dalam bersekolah.

Cairan yang sangat dianjurkan adalah air putih. 8 gelas bisa dibagi menjadi :

  • 1 gelas saat bangun tidur
  • 1 gelas setelah sahur
  • 1 gelas saat berbuka
  • 1 gelas setelah sholat magrib
  • 1 gelas setelah makan
  • 1 gelas sebelum sholat isya
  • 1 gelas sepulang sholat tarawih
  • 1 gelas sebelum tidur
  1. Menjaga pola tidur

Pola tidur yang benar juga bisa menjaga semangat bersekolah. Dengan mengatur waktu tidur yang tepat, tubuh dapat beristirahat dengan cukup. Usahakan untuk tidak tidur terlalu larut, agar saat sahur bisa bangun tepat waktu.

Kebiasaan tidur setelah sahur juga harus dihilangkan. Kebiasaan ini justru membuat tubuh malas beraktivitas dan mata akan terasa mengantuk. Sebaiknya, gunakan waktu sesudah sahur untuk belajar atau berjalan menghirup udara pagi yang masih segar. Dengan begitu, rasa kantuk akan hilang dan tubuh akan lebih bersemangat memulai hari.

  1. Mengatur aktivitas fisik

Selama berpuasa, mengatur aktivitas fisik sangat diperlukan agar tubuh tidak kelelahan. Sebisa mungkin, kurangi kegiatan fisik yang berat, seperti bermain kejar-kejaran atau semacamnya.

Melakukan aktivitas ketika sedang berpuasa memang bukan hal mudah, tapi dengan berpuasa kita bisa mengistirahatkan organ pencernaan. Selain itu, dengan puasa kita lebih bisa bersyukur atas nikmat yang kita terima. Semoga, puasa bukan menjadi alasan untuk tidak bersemangat melakukan aktivitas.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here