Tips Bijak Membantu Teman yang Sedang Depresi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Depresi merupakan keadaan ketika seseorang merasa bosan dan sedih. Perasaan ini dapat mengganggu terutama ketika seseorang tampaknya begitu rendah dan tidak dapat mengatasi rintangan yang dialami. Depresi sering dialami setiap orang, baik itu depresi dalam kategori ringan maupun berat. Penyebab depresi sangatlah banyak, seperti masalah ekonomi, keluarga, teman, sahabat, pasangan hidup, pekerjaan, penyakit dan lain sebagainya. Bagaimana jika depresi itu muncul terhadap teman kita? Apakah yang dapat kita lakukan untuk membantu teman yang sedang mengalami depresi?

Ada beberapa tips bijak untuk membantu teman yang sedang depresi, yaitu:

  1. Selalu ada

Teman yang sedang depresi sangat membutuhkan seseorang yang bisa dipercayainya untuk tempat bercerita. Nah di sinlah anda harus memahami kondisi seperti ini, usahakan lah anda selalu ada di saat mereka membutuhkan. Hal seperti sangat membantu sekali bagi dia sehingga bisa menurunkan tingkat depresinya.

  1. Dengarkan cerita teman yang depresi

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan adalah mendengarkan teman yang depresi. Orang yang depresi memang kondisi psikisnya berbeda dengan orang yang sehat. Mereka kehilangan kemampuan untuk berpikir jernih, mengambil keputusan, dan bersikap positif. Anda cukup diam dan mendengarkan setiap perkataannya sambil memberi dukungan lewat pelukan, genggaman tangan, atau rangkulan. Hal ini akan membuat mereka merasa didengarkan, didukung, dan tidak sendirian dalam menghadapi persoalan hidupnya.

  1. Memberikan motivasi

Depresi sangat rentan menyerang seseorang di usia muda, hal ini bisa di sebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena terlalu banyak pikiran. Hal yang kita lakukan adalah memberikan motivasi kepada teman yang sedang mengalami depresi, walaupun hanya sebatas kata-kata, hal ini sangat berarti dan membantu bagi dia sehingga membangkitkan semangatnya kembali. Karena seseorang yang sedang depresi sangat membutuhkan motivasi agar mereka bangkit dari keterpurukanya.

  1. Ingatkan bahwa keadaan selalu berubah

Biarkan teman anda memahami bahwa situasi mereka tidak akan selalu sama. Beritahu teman tidak ada yang bisa memprediksi masa depan dengan akurasi 100 persen. Bahkan, jika hal yang anda takuti tidak terjadi, ada faktor-faktor yang tidak dapat memprediksi apa yang terjadi nantinya di masa depan. Jadi, selalu ingatkan kepada teman anda bahwa segalanya bisa berubah dan dia bisa memperbaiki semuanya serta bisa hidup lebih baik lagi.

  1. Mengajak teman rekreasi

Rekreasi merupakan salah satu cara yang dapat menghibur ketika sedang depresi. Pergilah dari seluruh aktivitas kejenuhan keseharian yang membuat teman anda menjadi depresi. Anda bisa mengajak teman pergi kemana saja, seperti, pantai, gunung, air terjun. Umumnya alam semesta mempunyai energi positif yang sangat banyak, maka pergilah dekatkan lah diri dengan alam, dan hiruplah seluruh energi positifnya, niscaya depresi teman anda dapat terobati.

  1. Mengajak teman untuk meditasi

Meditasi merupakan cara terbaik untuk menenangkan pikiran. Meditasi disini adalah bukan meditasi untuk mendapatkan kekuatan apapun, tapi untuk membuat teman anda lepas dari rasa depresi tersebut secara permanen dan hilang. (KKM).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here