Tips Cantik Tanpa Mata Panda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mata panda, istilah ini begitu populer di kalangan wanita. Kondisi dimana terdapat lingkar hitam pada area sekitar mata yang tentu saja tidak semua orang memilikinya karena terdapat banyak faktor atau hal yang menyebabkan timbulnya mata panda tersebut. Cantik bagi para wanita memang sering kali bertumpu ┬ápada tampilan yang menarik. Oleh karena itu berbagai upaya dilakukan untuk dapat tampil dengan menarik salah satu diantaranya menghindari munculnya mata panda pada wajah pembaca. Tips untuk dapat terhindar dari mata panda sangat sederhana yaitu kenali hal yang menjadi penyebabnya sehingga pembaca dapat menghindari dan juga mensiasatinya.

Penting diketahui bahwa setidaknya terdapat 5 hal yang dapat menjadi pemicu timbulnya mata panda yaitu sebagai berikut:

  1. Keturunan

Bagaimana mata panda timbul sebagai pengaruh genetik?, hal ini tentu saja dapat terjadi jika memang dalam silsilah keluarga memiliki bentuk khas pada area mata dengan kantong yang sedikit belebihan. Maka dari itu cobalah perhatikan apakah orang tua pembaca memiliki mata panda atau tidak. Jika ada sebaiknya bersiap karena memiliki resiko yang sama akan timbulnya mata panda tersebut.

  1. Alergi

Mata panda dapat menjadi tanda suatu alergi diarea mata, biasanya hal ini disebabkan oleh semacam polusi. Mata panda dalam kondisi ini biasanya disertai dengan gejala yang lain seperti gatal atau bahkan memerah dan teraba hangat.

  1. Aktivitas Mata

Mata melakukan banyak aktivitas sebagai panca indra, tetapi dalam hal ini tidak hanya karena fungsinya untuk melihat saja yang dapat berpotensi munculnya mata panda. Aktivitas ini diantaranya adalah pemakaian make up pada area mata dan juga yang paling sering adalah menangis. Kedua aktivitas tersebut dapat menjadikan kantong mata lebih tajam terlihat.

  1. Pengaruh Penyakit

Bukan hanya sekedar pengaruh luar yang dapat menjadikan mata berkantong, bahkan faktor dalam seperti penyakit tertentu dapat menjadi pemicunya. Terkadang ini juga menjadi tanda dan gejala dari penyakit tertentu maka waspadalah. Timbulnya mata panda karena penyakit yang paling sering terjadi adalah pada para penderita Anemia baik akut maupun kronis.

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup merupakan pengaruh terbesar yang dapat menjadi penyebab timbulnya mata panda, yang dimaksudkan diantaranya adalah pola tidur, pola konsumsi. Kurang tidur memberi sumbangan terbesar terhadap munculnya kantong mata atau mata panda tersebut. Dalam hal konsumsi biasanya berkaitan dengan kandungan makanan yang kurang baik bagi tubuh, bahkan yang paling mendasar sering dikenal sebagai retensi cairan akibat terlalu banyak konsumsi garam.

Setelah membaca kelima hal yang menyebabkan timbulnya mata panda, pembaca pasti ingin mengetahui lebih lanjut, tentunya berkaitan dengan bagaimana menghindari atau mengatasinya. Jangan khawatir berikut adalah cara mutakhir untuk terbebas dari mata panda.

  1. Jangan berfikir bahwa ketika mata panda bersifat turun- menurun berarti tidak dapat terhindar darinya, karena meskipun memiliki resiko karena faktor genetik pembaca memiliki peluang untuk menghindari penyebab yang lain sehingga dapat meminimalisir resiko. Tentu saja jagalah dengan baik pada ke-empat faktor lainnya.
  2. Agar tidak mengalami mata panda karena pengaruh alergi, maka yang harus dihindari adalah penyebab alerginya. Seperti misalnya teliti pemakaian make up karena sering kali terdapat peringatan khusus pada kosmetik berkaitan dengan area mata. Begitu juga dengan efek polusi, jika bepergian ketempat berpotensi polusi gunakan kacamata, atau minimal langsung bersikan area mata setelah terpapar polusi.
  3. Menangis memang wajar bahkan sering dianggap menjadi bagian tak terpisahkan bagi kaum wanita. Sering terjadi setelah menangis mata panda timbul dan sangat menggangu. Sebagai tindakan pencegahan jangan tertidur saat menangis, setidaknya cucilah bagian mata dan wajah setelah menangis.
  4. Menjaga gaya hidup seperti tidur secara teratur, hindari bergadang untuk beberapa waktu berturut-turut. Sedangkan dari segi makanan sebaiknya konsumsi makanan sehat,berserat dan hindari cafein. Mengurangi konsumsi garam dengan melakukan diet mayo.

Jika sudah terlanjur timbul mata panda jangan panik, kondisi ini dapat diatasi dengan cara yang mudah dan sederhana, kompres air hangat untuk beberapa saat sampai kondisinya membaik. Tetapi untuk hal mendesak ini dapat disembunyikan dengan menggunakan make up (concealer), ini sangat bermanfaat untuk menyamaratakan warna kulit dengan sekitarnya, sehingga tidak akan tampak kantong mata tersebut. Sebelum timbul maka cegahlah dengan menghindari hal yang menyebabkan timbulnya mata panda. Hidup yang teratur dan sehat dapat memberi penampilan yang cantik dan menarik. Selamat mencoba girl! (WDA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY