Tips Cara Mengatasi Rambut Berminyak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rambut sehat dan indah berkilau pasti menjadi idaman setiap orang terutama wanita. Lalu bagaimana jadinya jika rambut Anda terlihat lepek, mengkilap, kusam dan berminyak?

Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai macam hal, seperti adanya faktor genetik (keturunan), perubahan hormon utamanya saat memasuki fase pubertas atau dikarenakan faktor lingkungan yang buruk. Kulit kepala mengandung minyak alami atau yang sering disebut sebum, yang diproduksi oleh kelenjar minyak (sebaceous glands). Kelenjar ini terkadang bekerja terlalu keras sehingga menghasilkan lebih banyak minyak. Akibatnya, kulit kepala menjadi berminyak, rambut terlihat kusam dan lepek serta sulit untuk ditata.

Rambut sehat dapat dimiliki oleh siapapun termasuk bagi Anda yang memiliki rambut berminyak. Berikut beberapa tips untuk Anda sebagai cara mengurangi atau mengatasi minyak pada rambut:

  1. Cucilah rambut 2-3 hari sekali. Jangan melakukan keramas setiap hari karena akan membuat minyak cepat menghilang yang berakibat justru minyak akan lebih banyak diproduksi. Keramaslah dengan air hangat, namun gunakanlah air dingin ketika bilasan terakhir untuk menutup kutikula dan membuat rambut berkilau.
  2. Gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak guna menghilangkan minyak berlebih tanpa membuat rambut menjadi kering. Minta saran kepada pakar kecantikan rambut atau dokter.
  3. Anda juga dapat menaburkan baby powder pada akar rambut agar tampak tidak terlalu berminyak. Bedak tabur disini berfungsi untuk menyerap minyak.
  4. Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.
  5. Jangan menggunakan kondisioner di akar rambut karena akan membuat rambut tambah berminyak. Cukup oleskan di ujung rambut saja.
  6. Jangan menggunakan banyak gel rambut karena hal ini akan membuat rambur terlihat lebih berminyak.
  7. Jangan terlalu lama dalam menyisir rambut karena akan merangsang kelenjar memproduksi lebih banyak minyak.

Selain dengan cara di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut berminyak, yaitu:

  1. Menggunakan lemon dan strawberry

Buah lemon sangat memungkinkan mengatasi rambut berminyak karena lemon memiliki fungsi untuk menutup pori-pori kulit kepala sehingga bisa mengurangi produksi minyak. Selain itu, lemon juga bisa menjadikan rambut lebih sehat berkilau. Caranya adalah dengan menyiapkan lemon secukupnya, lalu gosokkan langsung pada kulit kepala Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencampur air perasan lemon dengan satu gelas air, lalu gunakan untuk membersihkan rambut. Sementara itu, buah strawberry memiliki fungsi untuk mengatur sirkulasi produksi minyak pada kulit kepala sehingga bisa mengurangi produksinya. Apalagi buah strawbery memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa menjaga kesehatan rambut. Untuk mendapatkan manfaat ini, lumatkan strawbery kemudian usapkan pada rambuta Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat masker rambut dengan mencampur strawbery dengan mayonais, lalu oleskan pada rambut. Masker ini bertujuan agar rambut Anda tidak terlalu kering.

  1. Daun teh hijau

Daun teh hijau bisa membantu mengatasi rambut berminyak karena adanya kandungan tannic acid di dalam teh yang bisa membantu untuk mengecilkan pori-pori kulit kepala sekaligus membuat rambut menjadi berkilau. Caranya yaitu dengan menyeduh teh seperti biasa, lalu gunakan teh tersebut ke kulit kepala dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bersihkan rambut Anda dengan menggunakan shampo.

  1. Cuka

Bahan alami yang terakhir adalah cuka. Rendamlah rambut Anda dalam campuran seperempat cangkir cuka dan satu baskom kecil air. Lalu bilas dengan air hangat. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here