Tips Cara Menyayangi Ginjal

SehatFresh.com – Ginjal melakukan dua fungsi yang penting bagi tubuh, yaitu mengatur cairan tubuh dan mengekskresikan limbah beracun. Ginjal yang sehat dapat menyaring, membersihkan darah dan membuang limbah beracun dari tubuh melalui urin. Sedikit gangguan pada ginjal akan membuat kesehatan tubuh juga terganggu.

Menjaga kesehatan ginjal melibatkan berbagai faktor, termasuk diet, olahraga dan mengelola kondisi medis yang Anda miliki. Orang yang menderita gangguan ginjal atau kondisi yang dapat mengganggu ginjal, seperti diabetes, harus mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk menjaga kesehatan ginjal guna memperpanjang kualitas hidupnya.

  1. Jaga berat badan tetap ideal
    Obesitas meningkatkan risiko seseorang terhadap penyakit ginjal akibat peningkatan tekanan darah serta meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Jika berat badan tidak pada tingkatan yang ideal, mulailah biasakan diri untuk joging atau program latihan teratur setiap hari untuk menurunkan berat badan. Ubah juga kebiasaan makan Anda dengan mengurangi asupan lemak jenuh, yang dapat meningkatkan risiko pengembangan kondisi medis yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.
  2. Hindari alkohol
    Konsumsi alkohol secara kronis dapat menyebabkan kerusakan ginjal, merusak keseimbangan cairan dan menghambat ekskresi limbah dari tubuh. Mengapa demikian? Alkohol mengubah cara ginjal dalam mengatur cairan dan elektrolit dalam tubuh. Jika Anda menyayangi ginjal Anda, maka mulailah dari sekarang untuk menghindarkan diri dari alkohol.
  3. Detoksifikasi
    Detoksifikasi ginjal dapat membuat ginjal tetap sehat atau melarutkan batu ginjal. Air putih merupakan faktor penting untuk kesehatan ginjal. Minum air putih sebanyak banyaknya setidaknya 8 gelas sehari. Buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan kalium tinggi berguna untuk membersihkan ginjal dan mempertahankan tingkat elektrolit dalam darah sehingga akan membuat ginjal bekerja dengan optimal. Contoh buah yang baik untuk ginjal adalah anggur, jeruk, melon dan pisang. Namun perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang kandungan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. hal ini dikarenakan kalium yang berlebih bisa berdampak buruk bagi penderita sakit ginjal karena bisa menjadi penyakit jantung dalam jangka waktu tertentu.
  4. Kurangi asupan fosfor
    Ginjal yang sehat akan mengatur tingkat fosfor yang ada dalam darah. Namun, ginjal yang rusak tidak dapat melakukan fungsi tersebut. Untuk menjaga kesehatan ginjal, Anda perlu mengubah diet Anda untuk mencegah kadar fosfor yang tinggi. Makanan yang mengandung fosfor yang tinggi antara lain susu dan produknya, kacang, biji-bijian, polong, kedelei, minuman keras, coklat dan gandum. Umumnya makanan sumber protein juga kaya akan fosfor. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai pola makan seperti apa yang baik untuk kesehatan ginjal Anda.
  5. Rajin berolahraga
    Olahraga menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain dapat menguatkan jantung, olahraga juga memberi banyak efek positif terhadap kondisi ginjal. Olahraga akan membuat proses pembentukan urin di dalam ginjal menjadi lancar. Maka dari itu, salah satu cara agar terbebas dari penyakit ginjal adalah dengan berolahraga secara teratur.
  6. Jaga tekanan darah
    Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang dapat memengaruhi kondisi ginjal. Hipertensi membuat seseorang semakin berisiko memiliki penyakit ginjal. Tekanan darah kerap dikaitkan dengan penyakit ginjal karena tekanan darah yang berlebihan dapat merusak organ tubuh. Maka dari itu, jaga tekanan darah Anda agar tetap normal dengan kurangi stres, pola makan sehat dan berolahraga secara teratur.

Sumber gambar : www.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY