Tips dalam Memilih Sahabat yang Tepat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebagai makhluk sosial, manusia cenderung suka hidup dalam berkelompok. Berteman merupakan hal yang Anda butuhkan secara naluriah. Di antara teman-teman Anda, pasti ada beberapa orang yang cenderung lebih dekat dengan Anda daripada yang lain, yang sering disebut sebagai sahabat.

Teman berbeda dengan sahabat. Anda dapat berteman dengan siapa saja, tapi belum tentu setiap mereka adalah seorang sahabat. Dalam berteman, Anda tidak boleh membeda-bedakan; sedangkan memilih sahabat membutuhkan banyak pertimbangan dan tidak bisa sembarangan. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih sahabat:

  • The Clicking Phenomenon

Pada beberapa orang, membutuhkan proses lama dari seorang teman menjadi sahabat. Namun, seringkali Anda langsung mengetahuinya dalam sekejap bahkan kadang saat pertama bertemu. Tiba-tiba saja Anda akan merasa “click” dengan orang yang kemudian nantinya menjadi sahabat Anda. Belum ada teori yang pasti mengapa bisa terjadi fenomena ini.

  • Menjadi diri sendiri

Ketika sedang bersama sahabat, Anda bebas menjadi diri Anda sendiri. Bersama dia, Anda tidak malu untuk menunjukkan sisi yang paling gila dari diri Anda, kesedihan Anda, atau bahkan hal-hal yang tidak banyak orang lain ketahui tentang Anda. Sebaliknya, sahabat Anda juga leluasa menjadi dirinya sendiri.

  • Memiliki nilai yang sama

Perbedaan itu baik dan Anda pun pasti diajarkan untuk tidak membeda-bedakan teman, tetapi sahabat sebaiknya memiliki nilai yang sama. Berjalan dengan satu nilai memampukan Anda dan sahabat saling mendukung untuk tetap memegang nilai itu dan berusaha mencapai standar terbaik dari nilai yang Anda yakini. Memiliki sahabat dengan nilai yang sama membuat Anda tidak mudah dipengaruhi secara negatif oleh orang-orang yang tidak memegang nilai itu.

  • Memiliki visi yang ingin dicapai

Anda dan sahabat tidak harus memiliki target yang sama, tetapi dapat saling mendorong untuk pencapaian visi Anda dan dia. Ada kalanya dalam perjalanan mencapai tujuan, Anda akan menemukan rintangan atau hal-hal yang membuat Anda ingin menyerah. Dalam situasi seperti ini, sahabat akan memberikan semangat dan bahkan membantu Anda mengerjakan hal-hal yang mendukung impian Anda.

  • Saling menegur, bukan menghakimi

Seorang penyair bernama Oscar Wilde pernah berkata: “True friends stab you in the front” (teman sejati/sahabat menusuk Anda dari depan). Sahabat yang baik tidak akan tinggal diam ketika Anda melakukan sesuatu yang salah, juga tidak memperbincangkan kelemahan Anda tanpa Anda ketahui. Meskipun memberikan kritik, dalam persahabatan tidak ada penghakiman. Bersama, Anda dan sahabat akan berusaha menghadapi masalah itu dan mencari cara untuk memperbaikinya.

  • Memiliki waktu bersama, tetapi tidak mengekang

Bersahabat bukan berarti Anda dan sahabat harus selalu bersama 24 jam kali 7 hari. Memiliki bersahabat bukan berarti Anda hanya boleh bersama dengan dia saja. Anda tetap boleh bergaul dengan teman-teman yang lain. Namun, Anda tetap perlu menikmati waktu khusus bersama sahabat, baik melakukan hal-hal yang Anda dan sahabat sukai ataupun sekedar berbagi cerita suka dan duka.

  • Fokus pada memberi, bukan menuntut

Setiap orang ingin dikasihi, tetapi jangan berpusat pada keinginan untuk disayangi. Mulailah dengan memberi kasih dan perhatian pada sahabat terlebih dahulu. Jangan egois dan menuntut sahabat untuk membalas kebaikan Anda. Ikutlah berbahagia ketika sahabat mengalami kemenangan, dan berempatilah ketika dia mengalami kesukaran. (MHW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY