Tips Diet untuk Anak Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anak yang menderita penyakit diabetes harus tetap diperhatikan kebutuhan gizinya akan tetapi tidak membahayakan atau membuat penyakit diabetes anak tersebut menjadi semakin parah. Berikut ini beberapa tips diet untuk anak yang memiliki penyakit diabetes, diantaranya :

  1. Anak yang memiliki penyakit diabetes harus mengurangi jenis makanan yang berlemak jenuh yang tidak sehat. contohnya mentega dan susu yang full-fat. Sebaiknya anak dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dan susu bebas lemak.
  2. Anak dianjurkan untuk mengkonsumsi serat yang cukup sekitar 25-30 gram perhari yang berfungsi untuk mengontrol gula darah. Contoh makanan jenis ini terdapat di dalam kacang-kacangan, gandum utuh, buah dan sayuran.
  3. Membatasi asupan gula. Sebaiknya anak hanya dapat mengkonsumsi gula dari buah-buahan segar dan alami yang merupakan sumber gula alami. Contohnya buah jeruh.
  4. Sebaiknya berikan anak yang memiliki penyakit diabetes dengan mengkonsumsi jenis sayuran yang masih segar tanpa diberikan garam atau saus.
  5. Batasi konsumsi karbohidrat dengan cara menghitung jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh anak. Karena karbohidrat dapat berubah menjadi gula dalam darah yang menyebabkan kadar gula darah meningkat dalam satu jam setelah makan.

Lima tips diatas dapat menjadi salah satu upaya diet untuk anak yang memiliki penyakit diabetes. Menurut referensi lain yang di jelaskan oleh seorang pakar nutrisi yang berasal dari PJ Hinduja Hospital India menyatakan beberapa catatan diet bagi anak yang memiliki penyakit diabetes, diantaranya :

  1. Menurut Duggal, asupan nutrisi yang paling penting untuk anak yang memiliki penyakit diabetes yaitu selalu mengawasi asuan nutrisi yang benar, tepat dan seimbang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang dijalankan si kecil. Tetap membiasakan anak untuk makan 3 kali sehari dan anak boleh ngemil akan tetapi semua itu makanan yang sehat dan rendah karbohidrat karena karbohidrat dapat berubah menjadi gula sehingga akan beresiko meningkatakan kadar gula darah.
  2. Setiap anak menyukai permen agar anak tidak merasa tertekan karena tidak boleh mengkonsumsi makanan manis. Bunda dapat membolehkan anak mengkonsumsinya akan tetapi beri pengertian dan nasehat untuk tidak makan berlebihan.
  3. Sebaiknya bunda memberikan makanan dengan membuatnya sendiri di rumah, jangan terlalu sering memberikan makanan pada anak berupa makanan siap saji. Hal ini dengan tujuan agar tidak menganggu proses diet anak karena biasanya makanan siap saji banyak mengandungan bahan kimia yang berbahaya.

Masa anak biasanya cenderung lebih banyak aktivitas dan bergerak. Sebaiknya sebelum menjalani diet bunda perhatikan juga aktivitas yang dijalankan anak setiap harinya. Mengatur asupan nutrisi yang sesuai dengan metabolisme anak tersebut sangatlah penting hal ini berfungsi untuk mencegah efek samping dari insulin yang tentunya dapat membahayakan anak. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here