Tips Diet untuk Wanita yang Sehat saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, pada bulan ini seluruh umat muslim berkomitmen untuk menjalankan satu bulan penuh dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Puasa adalah salah satu ibadah wajib di bulan ramadhan, di mana seluruh umat muslim akan menahan diri dari makan dan minum dari fajar sampai senja. Puasa akan memengaruhi pola asupan nutrisi sepanjang hari.

Makanan yang terbatas pada pagi dan sore hari, menyebabkan metabolisme tubuh menyesuaikan asupan makanan Anda. Pada hari pertama Anda melakukan puasa mungkin mengalami ketidaknyamanan dikarenakan seluruh sistem tubuh Anda sedang beradaptasi dengan pola makan Anda yang hanya dilakukan pada saat berbuka dan sahur. Namun, setelah hari selanjutnya Anda akan mulai terbiasa dan kesehatan yang baik  dapat Anda pertahankan dengan mengkonsumsi gizi yang cukup selama waktu makan tersebut (sahur dan berbuka).

Ada banyak sekali pilihan makanan yang dapat Anda santap ketika berbuka, namun Anda harus jeli memilihnya. Pilihlah makanan sehat yang dapat me-recovery stamina Anda tanpa takut akan perut buncit. Berikut adalah menu buka puasa untuk diet.

  1. Menu buka puasa untuk diet dengan karbohidrat kompleks dan air putih.Makanlah makanan berkarbohidrat komples dan kaya vitamin serta minumlah air putih banyak-banyak untuk menghilangkan dehidrasi pada tubuh. Misal, setelah minum air putih, makanlah kurma atau buah secukupnya, kemudian dilanjutkan dengan makanan berat setelah sholat maghrib. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah :
  • Kacang-kacangan (kacang merah, kacang hitam dan kedelai)
  • Buah (jeruk, pir, anggur dll)
  • Sayur (Brokoli, kol, kangkung, lobak hijau, terong, kentang, ubi, kentang, wortel, bawang, segala jenis selada, seledri, ketimun, kubis, artichoke dan asparagus)
  • Biji-bijian (gandum dan beras merah)

Karbohidrat kompleks tidak menaikkan gula darah secara drastis seperti halnya Anda minum segelas teh manis.

  1. Menu buka puasa untuk diet dengan rumput laut. Rumput laut kaya dengan serat yang bagus untuk pencernaan dan mengurangi tumpukan racun dalam usus. Kandungan fitokimia di dalamnya membantu tubuh tetap sehat.
  2. Menu buka puasa untuk diet dengan ikan. Ikan tuna, salmon, cod, hingga makarel memiliki BCAA yang tinggi dengan kandungan asam lemak omega 3. Zat ini bagus untuk memperbaiki fungsi otak hingga mengurangi lemak dan kolesterol dalam darah.
  3. Menu buka puasa untuk diet dengan daging sapi. Bagian daging sapi yang memiliki BCAA tinggi adalah topside atau round, yang terletak di paha belakang dekat pantat.

Cukup mudah bukan menu buka puasa untuk diet? Selain mengonsumsi menu buka puasa untuk diet di atas, Anda juga harus menghindari makanan dan minuman saat berbuka puasa untuk menjaga kesehatan serta berat badan agar tidak naik. Berikut adalah makanan dan minuman yang harus dihindari saat berbuka puasa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY