Tips Ginjal Sehat Untuk Wanita Karir

SehatFresh.com – Kebanyakan wanita karir disibukkan dengan segudang aktivitas setiap harinya. Apalagi bagi wanita karir yang sudah menikah. Ia pasti akan disibukkan dengan pekerjaannya dan juga memiliki tanggung jawab mengurus keluarganya. Kesibukan ini kerap memicu stres hingga membuat diri sendiri kurang diperhatikan. Rutinitas wanita karir yang sangat sibuk seringkali menjauhkannya dari gaya hidup sehat. Salah satu dampak yang bisa terjadi adalah melemahnya fungsi ginjal, yang jika dibiarkan bisa menjadi penyakit ginjal serius.

Setiap hari, ginjal menyaring racun dan zat sisa dalam darah. Ginjal juga berperan menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh, serta mengatur tekanan darah. Ketika ginjal mulai rusak, efeknya tidak akan terasa oleh tubuh. Jika Anda menjadi mudah lelah, urin berbusa, jarang buang air kecil, tekanan darah tinggi, serta ada pembengkakan pada tubuh, maka ini “alarm” sesuatu yang serius. Oleh sebab itu, melakukan pencegahan sangatlah penting guna menjaga fungsi ginjal tetap sehat dan produktivitas juga tetap terjaga.

  • Makan sehat

Apa yang kita makan sangat berpengaruh pada ketahanan tubuh terhadap penyakit, termasuk penyakit ginjal. Pola makan yang sehat memiliki keseimbangan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu, daging tanpa lemak dan kacang-kacangan. Penting juga untuk membatasi asupan natrium. Kadar natrium berlebih akan mengendap di aliran darah dan menyebabkan tubuh menahan cairan sehingga membuat bagian tubuh membengkak. Natrium ini bukan hanya berasal dari garam dapur. Makanan ringan seperti keripik, biskuit, makanan kalengan dan saus juga cenderung tinggi natrium.

  • Banyak minum air putih

Air putih sangat berperan dalam menjaga kesehatan ginjal. Tubuh membutuhkan asupan cairan hingga dua liter setiap harinya. Perbanyak minum air putih, dan kurangi konsumsi minuman berwarna, minuman manis, serta berkafein, yang bisa memberatkan kerja ginjal.

  • Olaharaga

Jam kerja yang padat ditambah urusan di luar pekerjaan lainnya seringkali membuat para wanita karir tidak punya waktu untuk berolahraga. Jangankan berolahraga, waktu makan saja kadang terlewat. Tidak harus pergi ke gym, olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Olahraga ringan dapat dilakukan di sela kesibukan aktivitas kantor. Luangkan waktu lima menit di sela-sela kesibukan untuk berjalan mengambil sesuatu, naik tangga, atau sekedar melakukan peregangan otot setiap ada kesempatan selama enam kali.

  • Istirahat yang cukup

Agar tetap bugar, aktivitas kerja harus diimbangi dengan istirahat yang cukup dan teratur. Oleh karena itu, jangan sampai mengabaikan waktu istirahat sesibuk apapun itu. Orang dewasa produktif memerlukan waktu untuk istirahat minimal tujuh jam setiap harinya.

  • Hati-hati dalam memakai kosmetik

Kosmetik yang mengandung merkuri (terutama dalam krim pemutih abal-abal) tidak hanya berefek pada kulit, tapi juga menganggu fungsi organ tubuh lain, salah satunya ginjal. Unsur merkuri yang diserap kulit, kemudian akan dialirkan melalui darah dan mengendap di dalam ginjal. Semakin lama, ini berpotensi menyebabkan gagal ginjal.

  • Jangan mengonsumsi sembarang suplemen

Tidak salah untuk mengonsumsi suplemen seperti jamu, obat herbal, maupun  vitamin. Namun, konsumsilah hanya ketika benar-benar memerlukannya, dan sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter sebelum mengonsumsinya.

  • Jauhi rokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah, yang mengurangi aliran darah di ginjal. Ketika ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup, fungsinya menjadi tidak optimal. Konsumsi alkohol berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada ginjal. Salah satu dampak buruknya adalah fungsi ginjal dalam menahan cairan menjadi terganggu.

Rutinitas pekerjaan seharusnya tidak menjadi penghalang meraih tubuh sehat. Ingatlah, gaya hidup sehat akan sangat mendukung produktivitas kinerja yang maksimal. Dengan tubuh sehat, karir pun semakin melesat.

Sumber gambar : kosmetikcantik.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY