Tips Hidup Sehat untuk Wanita Usia Lanjut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap wanita tentu mendambakan untuk tetap sehat di usia lanjut. Meski usia lanjut akan mempengaruhi kondisi tubuh, namun setiap orang pasti mendambakan untuk dapat tetap mandiri dan dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat di saat usia lanjut. Para pakar kesehatan di dunia berpendapat bahwa untuk menyiapkan seseorang yang sehat di usia lanjut sudah harus di mulai sejak seseorang masih berupa janin di dalam kandungan.

Jadi, apabila janin di dalam kandungan memiliki pertumbuhan yang baik maka setelah lahir tumbuh kembangnya juga akan baik. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, seorang lansia dapat beraktifitas tanpa mengkonsumsi obat-obatan. Berikut tips hidup sehat untuk wanita lanjut usia:

  1. Pola makan sehat

Kebanyakan penyakit kronis yang datang di usia tua disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat sejak usia muda. Sebaiknya sejak usia muda kita menjaga asupan makanan bergizi seimbang setiap hari. Pastikan untuk memenuhi asupan sayuran dan buah-buahan, menghindari makanan dan minuman berpengawet serta minuman beralkohol. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, tubuh pun akan tetap sehat, bugar dan berenergi.

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala

Seiring bertambahnya usia, setiap orang pun akan semakin banyak mengalami masalah pada tubuhnya, salah satunya menumpuknya plak di pembuluh darah. Sebaiknya pemeriksaan kesehatan mulai dilakukan sebelum memasuki usia senja, seperti cek gula darah, kolesterol dan sebagainya.

Orang yang berusia di bawah 40 tahun dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dua atau tiga tahun sekali. Ketika masuk usia 40 tahun hingga 50 tahun, sebaiknya rutin lakukan pemeriksaan kesehatan setiap tahun. Apalagi kalau sudah usia 60 tahun ke atas atau lansia, sebaiknya pemeriksaan kesehatan dilakukan dua kali setahun.

  1. Menjaga konsumsi air minum dengan cukup

Dengan mencukupi kebutuhan air putih, maka tubuh para lansia akan terhidrasi dengan baik sehingga berbagai sistem yang bekerja di dalamnya akan tetap berada dalam kondisi yang normal. Hal ini bisa berimbas pada tubuh yang terjaga kesehatannya.

  1. Olahraga Ringan

Olahraga yang paling cocok untuk lansia adalah yoga, jalan kaki di pagi hari dan bersepeda.

  1. Mempertahankan Ideal Tubuh (Bukan Diet)

Kebanyakan pada usia lansia salah konsep mengenai cara diet lansia, pada usia lansia tidak diperkenankan untuk mengurangi asupan makanan ataupun juga sebaliknya menambah asupan makanan, tetapi pada usia lansia makanlah sewajarnya agar terhindar dari resiko obesitas.

  1. Hindari Stres

Stress pada usia tua cukup ampuh merenggangkan nyawa. Karena lonjakan tekanan darah tinggi pada umumnya diakibatkan stress.

  1. Berhentilah Merokok Pada Usia Tua

Meski anda menerapkan gaya hidup sehat pada lansia, tetapi kebiasaan merokok tetap anda jalankan, akan membuat usaha anda sia-sia. Merokok pada lansia dapat memiliki resiko lebih besar, karena daya tahan paru-paru dan jantung sudah mulai lemah. Berbeda dengan pada saat muda, jantung dapat memompa darah lebih cepat dan lancar dalam mengeluarkan toksin (racun) dalam tubuh. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here