Tips Ibu Hamil Agar Persalinan Berjalan Lancar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah ada di antara pembaca yang sedang menjalani masa kehamilan? Apabila iya, maka informasi mengenai tips agar persalinan berjalan lancar berikut ini layak untuk disimak. Tidak dipungkiri jika menjalani masa kehamilan membuat sebagian wanita mengalami perubahan psikologis. Perasaan bahagia dan takut bercampur menjadi satu, terlebih jika masa kehamilan memasuki tahap akhir.

Secara umum agar persalinan berjalan lancar, ibu hamil harus menjaga kondisi fisik serta mental. Banyak di antara ibu hamil yang merasakan takut ketika menghadapi persalinan, karena mendengar cerita tentang sakitnya ketika melahirkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan ibu hamil agar persalinan berjalan lancar.

Ibu hamil perlu menjaga kesehatan diri dan bayi dalam kandungan

Kondisi kesehatan merupakan hal yang harus diperhatikan bagi ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil mengalami gangguan kesehatan seperti pusing, muntah, hingga kecapekan. Hal tersebut sebenarnya cukup wajar, sekaligus dirasakan hampir seluruh wanita yang menjalani masa kehamilan.

Namun apabila kondisi kesehatan di masa kehamilan tersebut terus mengalami penurunan, maka segeralah mengunjungi dokter kandungan. Dokter kemudian akan memeriksa apakah terdapat masalah serius atau tidak dalam kandungan ibu hamil. Dokter atau bidan harus dijadikan “teman dekat” untuk tempat berkonsultasi, sehingga permasalahan dalam masa kehamilan bisa teratasi.

Untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, namun juga bagi bayi yang dikandungnya. Ibu hamil perlu menghindari bahan makanan yang tak sehat. Dengan demikian kesehatan selama masa kehamilan tetap terjaga.

Ibu hamil jangan sungkan melakukan olahraga atau terapi

Ibu hamil agar dapat melahirkan dengan lancar, maka jangan sungkan untuk berolahraga. Hanya saja sebelum melakukan olahraga apa yang cocok, ibu hamil perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Olahraga ringan yang umumnya dilakukan ibu hamil adalah jalan-jalan santai.

Apabila ibu hamil tidak berolahraga atau jarang beraktiftas,maka  otot-otot bisa menjadi lemah. Hal tersebut tentu saja dapat menghambat kelancaran dalam persalinan. Olahraga juga bermanfaat guna mempersiapkan posisi bayi sebelum masa kelahiran datang.

Menjelang proses kelahiran, ibu hamil perlu menjaga kondisi bayi dalam kandungan agar tetap berposisi normal. Hal tersebut bisa dilatih dengan berolahraga, hingga membiasakan untuk mendengar musik klasik. Oleh karena itu ibu hamil tidak boleh bermalas-malasan, namun tetap beraktifitas seperti biasa selagi mampu melaksanakannya.

Ibu hamil jangan lupa berdoa agar persalinan lancar

Ketika waktu kelahiran semakin dekat, umumnya bayi akan mengalami kontraksi hebat. Ibu hamil jangan panik, karena gejala ini umum dialami seluruh wanita. Usahakan posisi badan tegak agar memperlancar proses pembukaan. Ibu hamil juga dianjurkan untuk sering menarik nafas panjang, saat mengalami kontraksi. Pasalnya cara tersebut cukup mudah dan ampuh guna meredakan nyeri.

Tidak ketinggalan untuk terus berdoa agar diberikan kelancaran oleh Tuhan YME dalam melewati proses persalinan. Ibu hamil, dokter, atau bidan dengan segala rencananya berusaha untuk melakukan hal-hal terbaik. Namun segala keputusan ada pada Tuhan YME. Mendekatkan diri kepada Tuhan YME setiap saat dan setiap waktu, bisa memberikan kekuatan tambahan bagi ibu hamil dalam menghadapi proses persalinan. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here