Tips Ibu Hamil Puasa Dengan Sehat dan Nyaman

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi sebagian ibu hamil memang akan diperbolehkan untuk mengikuti ibadah puasa. Puasa memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil yang menjalankannya. Menghindari kelebihan berat badan, menjaga kesehatan jantung, memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak dan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes merupakan manfaat yang akan didapat oleh ibu hamil yang berpuasa.

Tidak semua ibu hamil dapat melakukan ibadah puasa. Karena, ada ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon ibu untuk bisa berpuasa. Dan bagi Anda, ibu hamil yang diperbolehkan berpuasa, cobalah tips-tips berikut agar puasa yang Anda jalankan lebih nyaman dan sehat :

  1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Kebutuhan cairan tubuh adalah sekitar 2 liter per hari atau 8 gelas setiap hari. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk menjadikan puasa Anda sehat dan nyaman. Dengan terpenuhinya cairan tubuh, Anda akan terhindar dari dehidrasi dan rasa lemas.

Air putih merupakan sumber hidrasi yang paling utama. Jadi sebaiknya hindari minuman manis untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Minuman manis justru akan membuat Anda cepat merasa lapar ketika sedang berpuasa.

  1. Komposisi makanan

Makanan yang Anda makan saat sahur dan berbuka haruslah makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi. Hal ini karena kebutuhan gizi dan nutrisi pada janin Anda harus benar-benar terpenuhi untuk membantu tumbuh kembangnya. Jangan pernah lupa memakan buah, sayur dan makanan yang bisa menjadi sumber protein.

Jauhi makanan berlemak, karena bisa menganggu sistem kekebalan tubuh Anda dan juga janin Anda. Makanan pedas juga sebaiknya dihindari. Mengkonsumsi makanan pedas dapat menganggu sistem pencernaan Anda dan bisa mengakibatkan mual hingga muntah.

  1. Istirahat dengan cukup

Istirahat memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Jangan melakukan aktivitas yang berat, hal ini bisa mengakibatkan kelelahan pada ibu hamil. Dengan keadaan yang terlalu lelah, kondisi kesehatan Anda dan janin Anda juga akan terganggu.

  1. Olahraga yang cocok

Harus banyak beristirahat bukan berarti Anda tidak boleh melakukan olahraga. Pilihlah olahraga yang sesuai dan cocok untuk dilakukan. Pilih olahraga dengan gerakan yang mudah tapi tetap mengeluarkan keringat. Senam hamil dan yoga bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk Anda dan calon bayi Anda. Lakukan olahraga di waktu sore hari, mendekati waktu berbuka puasa. Jangan lakukan ketika cuaca sedang panas.

  1. Kandungan karbohidrat kompleks pada makanan

Saat memilih menu untuk santap sahur, sebaiknya perhatikan kadar kandungan karbohidrat kompleks pada makanan. Karbohidrat yang cukup bisa membuat ibu hamil bertahan sampai waktu berbuka tiba. Selain untuk membatu ibu hamil kuat menjalankan puasa, karbohidrat kompleks juga sangat dibutuhkan oleh calon bayi untuk membantu perkembangannya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here