Tips Jaga Kesehatan Mata dengan Tingkat Penggunaan Gadget Tinggi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di jaman yang serba digital saat ini, tanpa sadar kegiatan sehari-hari menjadi sangat bergantung pada penggunaan komputer dan gadget. Tentunya Anda sadar jika terlalu sering dan lama menatap layar komputer dan smartphone akan memberi dampak yang tidak baik untuk kesehatan mata, salah satunya adalah mata menjadi lelah. Walaupun sangat kecil kemungkinan mata lelah berubah menjadi kondisi yang serius, namun efeknya yang mengganggu juga tidak bisa dihiraukan. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan mata untuk remaja yang sering menggunakan  ponsel dan komputer :

  1. Jaga jarak pandang pada layar komputer dan handphone

Mengatur jarak pandang mata dengan layar monitor pada komputer dan Hp sekitar 50-80 cm. Apabila anda menggunakan dua alat komunikasi tersebut dengan jarak pandang yang terlalu dekat maka akan berbahaya bagi kesehatan mata karena jarak pandang sangat berpengaruh dengan besarnya radiasi yang akan mengenai mata anda.

  1. Berkedip

Kelihatannya hal ini sepele akan tetapi dengan berkedip akan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan mata pada saat anda di depan layar komputer dan Hp. Apabila dalam waktu lama mata anda dibiarkan terbuka maka akan menyebabkan mata menjadi kering dan merasa tidak nyaman sehingga dapat berpengaruh bagi kesehatan mata. Normalnya berkedip sebanyak 15-18 kali dalam satu menit.

  1. Mengatur kecerahan layar monito

Mengatur kecerahan layar monitor pada komputer dan Hp sangatlah penting karena akan menentukan besarnya radiasi yang akan berpengaruh pada mata. Atur kecerahan layar sesuai dengan kenyamanan anda. Sebaiknya jangan terlalu cerah dan jangan terlalu gelap karena hal tersebut akan menyulitkan anda untuk melihat monitor.

  1. Cegah silau

Saat anda menggunakan Hp dan komputer disarankan dan dianjurkan anda tidak merasa silau. Karena hal ini akan membuat mata menjadi rusak. Anda dapat mengendalikan masalah tersebut dengan menyesuaikan tingkat pencahayaan ruangan dengan cahaya pada Hp dan komputer anda.

  1. Makan-makanan yang bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi sangat baik bagi kesehatan tubuh termasuk bagi kesehatan mata dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan omega3. Contoh makanan tersebut yaitu wortel, tomat, ati ayam, dan lain sebagainya

  1. Istirahat

Apabila tuntutan pekerjaan yang mengharuskan anda selalu berada di depan komputer, maka anda sangat di anjurkan untuk melakukan istirahat setidaknya 15-20 menit. Paling tidak anda dapat berjalan santai di sekitar ruangan kerja anda.

  1. Gunakan tetes mata

Apabila kegiatan sehari-hari mu di depan komputer terlebih lagi dengan satu alat komunikasi Hp yang tidak ketinggalan membuat mata anda menjadi lelah. Untuk itu anda perlu memberikan tetes mata sekali-kali agar mata anda tidak kering dan lelah.

  1. Kurangi penggunaan Gadget sebelum tidur

Agar mata anda tetap dalam kondisi sehat, sebaiknya anda mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur. Apabila anda mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur anda dapat tidur tepat waktu dan meminimalisir terjadinya insomnia sehingga waktu istirahat setiap harinya dapat terpenuhi. Setiap orang normalnya harus beristirahat 7-8 jam dalam sehari.

  1. Periksakan ke dokter

Lakukan pemeriksaan kondisi mata kepada dokter untuk mengetahui keadaan kesehatan mata anda paling tidak 3 bulan sekali atau pada saat anda merasakan keluhan pada mata. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here