Tips Jika Seorang Pria Mengalami Irritable Male Syndrome

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah menjadi hal umum jika wanita sedang mengalami Pre-Menstruasi Syndrome (PMS) akan cenderung mengalami perubahan suasana hati, mudah marah, kelelahan dan depresi. Biasanya anda akan lebih memberikan perhatian yang lebih, berusaha merubah suasana hati dengan candaan dan berusaha memberikan dukungan serta pengertian.

Namun apa jadinya jika anda sendiri yang mengalami PMS? Sedikit penjelasan mengenai Irritable Male Syndrome (IMS) adalah keadaan dimana pria sangat sensitif, cemas, mudah marah, agresif bahkan merasa frustasi. Pria akan mengalami IMS lebih sedikit dari wanita, siklusnya setiap 2-3 bulan sekali.

Perubahan hormonal lebih dominan sehingga mempengaruhi aspek psikologis pria termasuk sensitivitas, pengendalian emosi dan pemikiran. Walaupun IMS memiliki sedikit persamaan dengan PMS pada wanita, namun hal ini tidak sama. Kepribadian unik dari pria inilah yang membedakan dari sifat wanita sehingga perlakuannya juga tidak dapat disamakan.

Lalu Apa yang harus anda lakukan saat IMS melanda? Beberapa hal yang dapat anda lakukan saat sedang mengalami gejala mirip PMS ini yaitu sebagai berikut :

  1. Konsultasikan dengan dokter sebagai langkah awal

Jika anda mengalami kondisi IMS seperti penjelasan diatas, sebaiknya dapat anda konsultasikan dengan dokter. Sebagai langkah awal apakah kondisi tersebut memang dikarenakan kondisi dari gejala IMS atau dikarenakan indikasi suatu penyakit lain. Biasanya dokter akan membantu menangani dengan menganjurkan melakukan terapi hormon untuk mengendalikan gejala dari IMS tersebut.

  1. Lakukan Kegiatan Positif

Banyak kegiatan positif yang dapat anda lakukan untuk mengurangi gejala dari IMS ini, salah satunya yaitu berolahraga. Olahraga menjadi kegiatan ampuh untuk menyalurkan rasa emosi, stress dan depresi yang sedang melanda. Selain itu kegiatan lainnya seperti bermain musik, bermain game, makan makanan favorite, tidur, menghabiskan waktu dengan teman, menonton film atau melakukan kegiatan lain sebagai penyaluran bakat dan hobby dapat juga anda lakukan.

  1. Hindari Kegiatan yang Membahayakan diri sendiri

Sebelum gejala mengarah pada keadaan yang lebih parah, anda sebaiknya dapat menghindari dari kegiatan yang dapat membahayakan diri anda.

Salah satu penyebab dari gejala IMS yang parah yaitu gaya hidup yang buruk, nutrisi yang tidak seimbang atau diet yang salah dan pengelolaan stress yang buruk. Sehingga anda dapat merubah gaya hidup sehat untuk mencegah gejala agar tidak menjadi parah seperti berolahraga rutin, pola makan seimbang dan nutrisi yang cukup, diet sesuai anjuran dokter, istirahat yang cukup, mengelola stress dengan baik dan menghindari dari rokok serta kebiasaan buruk lainnya. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here