Tips Jitu Atasi Anak Susah Makan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah akhir-akhir ini si kecil susah makan? Anda tidak sendiri karena banyak orangtua lain di luar sana yang khawatir karena masalah yang sama. Di masa tumbuh kembangnya, anak akan berada pada masa senang bermain di mana ia mungkin lebih senang lari-lari dan tidak senang diganggu ketika hendak disuapi makan. Di sisi lain, anak yang susah makan bisa jadi karena ia sedang tak enak badan. Jika anak jadi terus-terusan susah makan, maka asupan nutrisinya pun bisa tak terpenuhi sehingga akan berpengaruh pada keoptimalan tumbuh kembangnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu para orangtua mengatasi anak yang susah makan:

  • Membuat anak terbiasa makan teratur. Agar anak terbiasa dengan waktu makannya, anak perlu dibiasakan untuk makan pada jadwal yang teratur setiap harinya. Biasakan juga untuk memberi anak camilan sehat di sela-sela waktu bermainnya. Sebaiknya orangtua tidak menjadwalkan waktu makan anak dekat waktu tidurnya. Ketika anak lelah telah bermain seharian, ia biasanya lebih memilih untuk segera tidur daripada makan.
  • Tidak memberikan makanan manis pada anak menjelang jadwal makan. Mengonsumsi makanan manis menjelang waktu makan dapat membuat anak merasa kenyang sehingga kurang berselera untuk makan. Maka dari itu, menjelang waktu makannya, anak sebaiknya tidak diberi makanan manis agar ia lahap memakan makanan utamanya.
  • Tidak memaksa. Wajar bila anak sesekali menolak ketika ditawari suatu makanan. Itu bukan berarti ia tak suka. Orangtua bisa menawari anak makanan tersebut pada waktu lainnya. Tapi, jangan sampai membuat anak merasa dipaksa. Ketika anak menolak makan, anak bisa diberi alternatif makanan lain. Misal, ketika anak menolak susu, bisa diganti dnegan yoghurt, atau ketika anak menolak jenis sayur tertentu, bisa diberi jenis sayuran lain atau makanan bergizi lainnya yang disukai anak agar kebutuhan nutrisi anak selalu terpenuhi dengan baik.
  • Sajikan menu makanan yang bervariasi. Sejak dini, anak perlu dikenalkan dengan berbagai jenis makanan agar ia tak menjadi “pemilih” makanan. Agar anak makin berselera untuk makan, sajikanlah makanan yang bervariasi. Usahakan mengganti menu setiap hari tapi tentunya harus yang bergizi. Sajian pula menu makan dengan tampilan yang menarik dan lucu. Dalam hal ini, orangtua ditantang untuk sekreatif mungkin.
  • Buat waktu makan jadi menyenangkan. Ketika anak tidak membuka mulut ketika hendak disuapi makanan, jangan menakuti-nakuti, membentak, ataupun mengancam anak. Tindakan seperti itu bisa membuat anak trauma. Buat waktu makan menjadi waktu yang menyenangkan bagi anak. Misalnya, melibatkan anak ketika menyiapkan makanan atau mengajak teman-teman bermain anak untuk makan bersama.

Jika tips di atas tak banyak membantu, jangan ragu untuk mengonsultasikan kesehatan si kecil ke dokter anak, terutama bila berat badan anak tak ada peningkatan. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here