Tips Jitu Menangani Gigi Ngilu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gigi bisa jadi terasa sangat ngilu karena adanya kesensitifan yang diakibatkan oleh adanya pemicu dari luar seperti minum, makan dan berbagai persoalan yang lain.

Biasanya gigi akan terasa ngilu saat kita minum es atau saat menyikat gigi karena memang gigi sedang sangat sensitif. Gigi bisa terasa sangat ngilu saat kita meminum aneka es. Ada beberapa cara yang dapat membuat Anda bisa menangani gigi ngilu ialah sebagai berikut:

  • Pilih Pasta Gigi yang Tepat

Pasta gigi dengan kombinasi formula khusus bagi gigi sensitif yang mengandung fluoride. Senyawa fluoride ialah resep untuk memperkuat email gigi dan meredakan gejala linu bagi gigi.

  • Pengikatan atau Penebalan

Permukaan akar gigi biasanya akan terpapar dengan lapisan pengikat yang diaplikasikan pada akar sehingga membutuhkan suntikan bius lokal. Suntikan bius lokal dapat membuat akar gigi menjadi semakin kuat.

  • Bedah Gusi

Bedah gusi akan membuat lapisan gusi menjadi lebih linu. Pengambilan gusi dari bagian yang lain akan membuat bagian yang diambil ini menjadi lebih kuat. Langkah ini tentunya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

  • Saluran Akar (Root Canal)

Proses penguatan saluran akar dilakukan untuk merawat pulpa gigi sehingga tidak dibutuhkan perawatan yang lain dan bisa bekerja secara lebih efektif untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi yang sudah tidak tertahankan lagi.

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi sensitif bisa diatasi dengan menjaga kebersihan gigi dengan cara menyikat gigi sebanyak dua kali sehari menggunakan bulu sikat gigi yang lembut dan menggunakan pasta gigi yang mengandung berflouride.

  • Perhatikan Cara Menggosok Gigi

Sebaiknya Anda perhatikan cara menggosok gigi dengan baik. Sebaiknya jangan sampai Anda menggosok gigi dengan cara yang kasar sehingga membuat lapisan gigi menjadi rusak. Kemudian hindari dalam mengasah gigi yang dapat membuat gigi retak dan lebih sensitif. Jangan langsung menggosok gigi setelah makan karena bisa membuat email gigi semakin terkikis.

  • Batasi Makanan dan Minuman Asam

Ada baiknya Anda membatasi makanan dan minuman asam seperti minuman yang mengandung soda, yoghurt, jeruk sitrus, dan lain sebagainya. Anda bisa mengatasi ngilu gigi dengan mengutangi minuman yang mengandung asam karena asam dapat membuat email gigi menjadi terkikis. Sebaiknya Anda juga mengurangi resiko penyakit ini dengan menggunakan sedotan.

  • Banyak Minum Air Putih

Sebaiknya perbanyak minum air putih untuk menormalkan kadar asam di dalam mulut setelah Anda banyak mengkonsumsi minuman seperti susu dan berbagai macam minuman yang mengandung asam. Demikian informasi mengenai tips jitu menangani gigi ngilu. Semoga bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here