Tips Kuat Berpuasa jika Lupa Sahur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia yang dilaksanakan satu tahun sekali selama bulan suci Ramadhan. Agar tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa di siang hari, biasanya pada dini hari kita melakukan santap sahur. Ini bertujuan agar kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan fit dan bugar di siang harinya.

Tapi, bagaimana kalau kita ketiduran dan tidak sempat bangun untuk makan sahur? Lupa sahur biasanya sering terjadi akibat rasa kantuk yang tidak bisa dikalahkan. Anda lebih memilih untuk tidur daripada bangun dan makan sahur. Jika Anda tidak makan sahur, akan dikhawatirkan Anda akan lemas pada saat berpuasa nanti dan risiko untuk membatalkan puasa semakin besar. Tentu hal tersebut tidak boleh terjadi. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat Anda lakukan saat Anda berpuasa tapi Anda lupa sahur.

  1. Kuatkan niat. Niatadalah awal dari segala perbuatan. Jika puasa diniati dengan kuat, maka puasa yang dijalani juga akan lancar meskipun tidak sempat makan sahur. Jangan jadikan alasan untuk tidak berpuasa ketika Anda lupa sahur. Kuatkan niat dalam hati, ingat, puasa Ramadhan hukumnya wajib. Jika niat dalam hati sudah sangat kuat untuk berpuasa, maka segala macam godaan tidak akan menjadi halangan.
  2. Sibukkan diri Anda dengan hal-hal positif. Rasa lapar pasti akan mendera. Dan salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar tersebut adalah dengan mengalihkan fokus Anda. Carilah kesibukan yang membuat pikiran tidak terus terfokus pada makanan atau minuman. Hindarkan pandangan Anda dari makanan atau minuman yang menggoda. Daripada hanya tidur, waktu Anda akan jadi lebih produktif saat Anda bisa melakukan sesuatu dan mencari kesibukan.
  3. Lakukan ibadah. Tidak usah menyesali karena Anda tidak sempat makan sahur. Lebih baik gunakan waktu yang ada untuk memperbanyak ibadah. Ibadah bisa dilakukan dengan banyak hal, seperti menolong orang atau bersedekah.
  4. Hindari pekerjaan yang menguras tenaga. Hal ini juga penting, jika memungkinkan. Saat Anda lupa sahur, ada baiknya jika Anda menghindari  pekerjaan yang menguras tenaga. Banyaknya keringat dan tenaga yang keluar akan membuat Anda tidak berdaya akan godaan haus dan lapar.
  5. Selalu menunjukkan senyum. Dengan tersenyum, Anda akan tetap kuat puasa meskipun tidak sahur. Rasa lapar yang Anda alami mungkin tidak ada apa-apanya dibanding mereka yang kesusahan dan kelaparan berhari-hari. Tersenyumlah dan ambil hikmah dari semua ini agar rasa lapar yang Anda alami bisa menjadi berkah karena telah sabar menghadapinya.

Tips di atas bisa Anda lakukan ketika lupa makan sahur agar tetap kuat berpuasa. Namun sebaiknya usahakan untuk selalu makan sahur ketika puasa, karena makan sahur yang kita jalani juga dihitung sebagai ibadah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY