Tips Makan Sehat Untuk Para Workaholic

SehatFresh.com – Jika Anda adalah seseorang yang senang bekerja, Anda mungkin tidak punya banyak waktu untuk memerhatikan kesehatan Anda. Sekalipun stres dan pusing kerap menerpa akibat semua pekerjaan yang menumpuk, Anda tetap menemukan kenikmatan untuk tetap sibuk. Jika demikian, bisa jadi Anda adalah seseorang yang gila kerja atau workaholic. Jika ini terjadi pada Anda, berhati-hatilah dengan pola makan Anda. Tidak jarang banyak para workaholic yang lebih rela meninggalkan waktu makan karena alasan pekerjaannya.

Berikut adalah beberapa tips makan sehat bagi Anda yang gila kerja :

  • Sarapan sehat
    Sesibuk apapun Anda, asupan makanan sehat dan bergizi tetap harus diutamakan. Jangan pernah melewatkan sarapan, karena sarapan pagi adalah jam makan paling penting. Sarapan akan membantu mempersiapkan diri Anda untuk menghadapi pekerjaan yang berat. Melewatkan atau menunda sarapan bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga Anda menjadi rentan sakit. Tentunya sarapan yang baik adalah sarapan makanan sehat dan bernutrisi tinggi.
  • Pilih camilan sehat
    Jika Anda harus ngemil, pilihlah makanan ringan yang sehat dan alami. Salah satu camilan sehat yang bisa Anda simpan dalam waktu lama adalah kacang-kacangan. Selain itu, buah-buahan segar, sayuran mentah, telur rebus, dan yoghurt bebas lemak adalah pilihan camilan sehat lainnya yang baik Anda konsumsi.
  • Hindari makanan cepat saji
    Untuk seseorang yang terbiasa aktif, tentunya Anda memiliki banyak kegiatan untuk dilakukan. Untuk menghemat waktu, makanan cepat saji yang notabennya miskin nutrisi kerap kali menjadi pilihan. Sesekali mungkin tidak masalah jika Anda menyantap makanan cepat saji. Namun, menyantap makanan cepat saji hendaknya jangan dijadikan kebiasaan, Anda harus mempertimbangkan nutrisi pada makanan yang Anda konsumsi. Bagaimana pun, makanan sehat adalah faktor penting untuk menunjang fungsi tubuh yang optimal. Makanan sehat berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Minum air lebih banyak
    Air akan membuat tubuh jadi lebih terhidrasi. Kandungan air di dalam tubuh akan membuat sistem pencernaan tubuh bekerja dengan baik. Minum air putih setidaknya 8 gelas sehari dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi serta mengganti cairan tubuh yang hilang setelah bekerja. Untuk itu, selalu sediakan air putih berdekatan dengan meja kerja Anda.
  • Ubah kebiasaan
    Seorang workaholic biasanya akan makan secara terburu-buru karena tidak mau membuang waktunya, sementara makan yang terburu-buru membuat nutrisi makanan tidak terserap tubuh dengan baik. Bila Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan makan dengan tenang, nutrisi akan terserap tubuh lebih optimal. Hal ini memungkinkan tubuh mendapat pasokan memberi energi yang optimal untuk beraktifitas atau mencari ide kreatif yang dibutuhkan ketika bekerja.

Kesehatan adalah aset yang tak ternilai harganya. Sayangnya, kesehatan seringkali terbengkalai dan kurang diperhatikan oleh orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja. Jangankan untuk memasak sendiri makanannya, terkadang mereka tak ingat waktu makan mereka. Agar kondisi kesehatan tetap terjaga, penting untuk mengimbangi intensitas bekerja Anda dengan gaya hidup sehat terutama dalam hal menjaga pola makan.

Sumber gambar : hello-pet.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY