Tips Meditasi yang Benar Bagi Pemula

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meditasi secara harfiah memiliki makna menguyah-nguyah, membolak-balik dalam fikiran, memikirkan dan merenungkan. Meditasi merupakan suatu praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun membuat rasa cemas dan tekanan pada hidup kita sehari-hari. Prosedur atau praktik ini di kalangan masyarakat Indonesia disebut dengan semadi.

Berbagai jenis penelitian telah membuktikan bahwa tindakan meditasi memiliki efek positif bagi kehidupan seseorang seperti menyegarkan otak, lebih kreatif, menghilangkan fikiran negatif dan menjadikan seseorang menjadi pribadi yang selalu bersyukur. Berikut ini beberapa cara meditasi yang baik dan bener bagi pemula, antara lain :

  1. Fokuskan perhatian anda

Saat anda akan melakukan meditasi langkah awal yang harus anda lakukan yaitu niatan hati dan memfokuskan perhatian anda pada sebuah objek atau titik tertentu, contoh jam dinding, nafas sendiri dan titik tertentu lainnya. Hal ini dilakukan dengan alasan berusaha fokus tak memungkirkan fikiran anda berkeliaran kemana-mana sehingga dengan cara ini anda dapat fokus kembali pada titik tersebut.

  1. Posisi tubuh yang tegak

Tempatkan tubuh anda pada posisi yang tegak untuk memudahkan konsentrasi anda. Karena posisi munduk atau bersandar akan memudarkan kefokusan pikiran anda.

  1. Jangan bingung dengan posisi tangan

Melihat cara meditasi di sosial media tentu banyak yang diketahui bahwa posisi tangan orang yang melakukan meditasi dilakukan dengan posisi telapak tangan diatas lutut. Hal tersebut tidak harus anda lakukan karena anda dapat meletakan tangan dimana saja yang terpenting anda dapat memfokuskan fikiran anda.

  1. Dekatkan dagu ke dada

Untuk lebih memfokuskan fikiran anda, maka dekatkan dagu pada dada anda dengan memejamkan mata anda.

  1. Berdoa

Pada saat melakukan meditasi disarankan anda untuk berdoa kepada Tuhan sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

  1. Rileks

Teruslah berusaha rileks saat melakukan meditasi agar anda tetap pada situasi yang fokus pada satu hal. Hindari rasa tegang.

  1. Pasang pewaktu

Bagi anda yang baru pertama kali melakukan meditasi tidak ada salahnya untuk memasang alarm waktu untuk membatasi semedi anda. Di minggu pertama bersemedi anda tidak perlu melakukan meditasi transendental dimana meditasi harus dilakukan selama satu jam. Bagi pemula anda dapat melakukannya selama 3-5 menit dahulu dan anda dapat menambah waktu tersebut jika sudah terbiasa.

  1. Jauhkan perasaan menyalahkan diri sendiri

Setiap orang pernah melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan di dalam hidupnya. Untuk itu anda tidak perlu menyalahkan diri sendiri atas apa yang telah terjadi di dalam hidup anda. Menyalahkan diri sendiri tidak akan menyelesaikan permasalahan yang sedang anda alami.

  1. Tutup meditasi

Ketika anda akan mengakhiri meditasi tersebut, tutuplah latihan meditasi tersebut dengan kata-kata yang positif. Contohnya “semoga hari esok akan lebih baik”. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here