Tips Melakukan Diet yang Tepat Bagi Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah impian setiap banyak orang. Tidak hanya bagi kaum wanita, tapi juga banyak kaum pria yang juga memerhatikan penampila dan menginginkan bentuk tubuh ideal. Apalagi di usia remaja, biasanya mereka lebih memerhatikan bentuk tubuh dan menginginkan tubuh yang ideal.

Di zaman sekarang, banyak kegiatan yang dilakukan secara instan, sehingga membuat orang malas dan jarang bergerak. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga memperburuk keadaan seseorang, sehingga menyebabkan banyak remaja yang mengalami obesitas. Penderita obesitas juga semakin meningkat setiap tahunnya. Penderita obesitas tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak dan remaja.

Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Bagi mereka yang memiliki tubuh gemuk, biasanya para remaja akan melakukan diet untuk mendapatkan tubuh yang merek inginkan. Sayangnya, tidak semua diet aman untuk dilakukan. Terutama bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan asupan gizi yang cukup.

Berikut, penulis akan memaparkan tips melakukan diet yang tepat bagi remaja:

  • Menghindari kebiasaan buruk

Memiliki kebiasaan buruk dengan tidak mengatur pola makan, mengonsumsi makanan cepat saji, minuman kemasan dan jarang melakukan olahraga membuat bentuk tubuh menjadi tidak bisa dikendalikan. Menjadi obesitas adalah kemungkinan yang akan terjadi jika Anda tidak merubah kebiasaan buruk ini. Ada baiknya jika mulai sekarang, ubah kebiasaan buruk Anda, dengan mengonsumsi makanan sehat dan memenuhi kebutuhan gizi, mengonsumsi air putih, banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan, dan rajin berolahraga.

  • Mengatur asupan makanan

Selain mengatur asupan gizi yang Anda makan, Anda juga harus mengatur porsi makanan yang Anda makan setiap harinya, dengan mengatur asupan porsi, berarti penumpukan lemak di dalam tubuh juga akan lebih terkendali.

  • Mengatur asupan air putih

Dua sampai tiga liter air putih adalah jumlah yang sangat dianjurkan bagi setiap orang. Dengan cukup mengonsumsi air putih, maka Anda telah membantu menjaga metabolisme dan membantu mengeluarkan zat beraun dari dalam tubuh Anda. Memiliki metabolisme yang baik, akan secara otomatis mengurangi jumlah penumpukan lemak yang menyebabkan kegemukan atau obesitas.

  • Tidak meninggalkan olahraga

Rutin berolahraga telah terbukti menjaga metabolisme dan membantu membakar lemak dalam tubuh. Sedikitnya berolahraga selama satu jam sehari akan memudahkan Anda mengurangi berat badan dengan cara yang sehat. Banyak pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan, seperti jogging, berenang, bersepeda, atau senam. Anda juga bisa melakukan vertical running di tangga rumah Anda. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu berolahraga, Anda dapat melakukan aktivitas fisik lain seperti melakukan pekerjaan rumah seperti mengepel dan membersihkan sisi-sisi rumah dari debu, atau dapat juga mencuci baju dengan cara manual tanpa mengggunakan mesin cuci. Yang terpenting adalah melakukan kegiatan fisik dan tidak malas bergerak. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here