Tips Melangsingkan Badan Setelah Masa Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setelah melahirkan buah hati merupakan masa dimana penuh kebahagian karena dengan hadirnya momongan keluarga kecil anda menjadi semakin lengkap.

Namun bagi beberapa ibu mulai mengkhawatirkan bentuk badanya setelah melahirkan sang buah hati. Ibu khawatir dengan membesarnya badan dengan kenaikan berat badan yang cukup drastis dari sebelum hamil. Sehingga mereka mencari berbagai cara agar mendapatkan berat badan idealnya.

Sebenarnya ketakutan menjadi gemuk setelah masa kehamilan merupakan hal yang wajar. Namun menurunkan berat badan juga hal yang penting. Seperti yang dikatakan oleh pakar kesehatan, bahwa menurunkan berat badan akibat kehamilan sangatlah penting. Jika tidak, hal tersebut dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas dalam waktu 15 sampai 20 tahun ke depan.

Tetapi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan setelah masa kehamilan meskipun anda ingin secepatnya kembali ke bentuk badan semula anda harus melakukan cara ini dengan sabar karena kunci utama melangsingkan tubuh setelah kehamilan adalah sabar. Karena penurunan berat badan yang mendadak akan membahayakan kesehatan, bahkan jiwa ibu.

Bagi para ibu jangan khawatir. Berikut ada beberapa tips yang dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan setelah masa kehamilan :

  1. Hindari diet

Cara ini mungkin terdengar aneh, tetapi mengikuti pola diet tertentu bisa menghancurkan usaha anda dalam menurunkan berat badan setelah kehamilan. Sebaiknya anda menerapkan pola makan sehat dan makan di saat lapar. Daripada diet, lakukan konsumsi makanan yang bervariasi dan seimbang. Anda dapat juga menyediakan berbagai macam snack, buah-buahan, biskuit dan cracker sehingga dapat menghindarkan anda dari kelaaparan dan menambah energi untuk beraktivitas. Tidak dianjurkan bagi anda untuk mengurangi asupan kalori sebanyak 1.800 kalori per hari, apalagi bagi anda yang sedang menyusui.

  1. Pilih makanan super

Setelah masa kehamilan atau setelah melahirkan tubuh ibu juga membutuhkan nutrisi. Nutrisi disini yaitu nutrisi yang maksimum. Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi namun rendah kalori dan lemak. Contohnya ikan yang memiliki kandungan DHA dan asam lemak omega-3 seperti salmon, sarden dan tuna. Selain ikan, untuk membantu menambah kadar kalsium anda juga dapat mengonsumsi susu.

  1. Menyusui buah hati

Semakin lama atau sering menyusui bayi anda adalah salah satu cara yang cukup baik untuk menurunkan badan anda. Terbukti dari penerlitian yang dilakukan di Brazil pada 405 perempuan, mereka yang memiliki kelebihan berat badan 20% dan menyusui 180 hari dibandingkan dengan yang menyusui 30 hari, setiap bulan berat badanya berkurang rata-rata 0,44 kg.

  1. Minum yang banyak

Selain menghindarkan anda dari dehidrasi. Banyak minum juga akan membuat anda kenyang sehingga konsumsi makanpun akan berkurang. Minum ideal setiap harinya adalah minimal 8 gelas per hari.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan hal wajib yang harus anda lakukan ketika ingin menurunkan berat badan. Selain menurunkan berat badan, olahraga juga dapat membantu mengatasi depresi, gangguan tidur dan meredakan stress.

  1. Tidur yang cukup

Tak dapat dipungkiri ketika sang buah hati hadir, ibu biasanya merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan tidur yang cukup karena harus merawat bayi. Namun anda harus ingat, kurang tidur dapat menghalangi proses penurunan berat badan anda. Jadi sebaiknya usahakan tidur anda cukup agar usaha anda dalam menurunkan berat badan berhasil. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY