Tips Melatih dan Mengajarkan Anak untuk Menabung Sejak Dini

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menabung merupakan suatu hal yang baik dilakukan oleh siapa saja karena dengan menabung kita dapat menjauhkan diri dari sifat boros dan hidup berpoya-poya. Kegiatan menabung tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa karena hal ini dapat anda terapkan kepada anak sejak dini dan sejak kecil.

Melatih anak untuk menabung sejak dini memiliki banyak manfaat dan sebuah pemahaman baru bagi anak. Berikut ini beberapa tips melatih dan mengajarkan anak untuk menabung sejak dini, antara lain :

  1. Mengenalkan konsep uang

Hal utama yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengenalkan konsep uang kepada si kecil, hal ini dapat anda mulai dengan mengenalkan bentuk pecahan uang dari yang terkecil hingga yang paling besar.

  1. Memberi batasan uang

Memberi batasan uang saku merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan dalam mengajarkan dan melatih anak untuk menabung. Hal ini bisa mengajarkan si kecil bahwa dirinya tidak bisa membeli sesuatu melebihi jatah harian yang telah ditentukan.

  1. Membelikan anak celengan

Membelikan celengan untuk anak dalam bentuk karakter yang disukai salah satu cara untuk mengajarkan dan melatih anak menabung sejak dini. Hal ini dapat memotivasi anak untuk menyisihkan uang saku yang telah diberikan dan kemudian akan ia tabung di dalam celengan tersebut.

  1. Bisa membeli sesuatu dari tabungan

Selalu menuruti keinginan anak bukan hal tepat dalam mendidik anak. Karena itu anda dapat mengatasinya dengan melatih anak untuk menabung agar bisa membeli sesuatu yang diinginkannya. Hal ini akan mengajarkan anak bahwa sesuatu yang di inginkan tidak selamanya dan tidak semudah untuk mendapatkannya karena memerlukan suatu usaha.

  1. Buat anak bekerja untuk menabung

Membuat anak bekerja dalam hal ini bukan berarti anda membiarkan anak mencari pekerjaan di luar. Akan tetapi anda dapat membuat suatu kesibukan bagi si kecil. Contohnya mengajarkan si kecil merapihkan mainan setelah selesai bermain dan memberikan sedikit uang sebagai imbalan dan hadiah bagi anak.

  1. Keinginan VS kebutuhan

Mengajarkan anak menabung dapat anda lakukan dengan cara memberi pemahaman mengenai keinginan dan kebutuhan sebelum membelanjakan uangnya.

  1. Membuka tabungan di bank

Apabila anak sudah mulai disiplin menabung maka anda dapat membuka rekening tabungan di bank dengan menggunakan nama anak sendiri. Hal ini dapat anda lakukan karena sudah banyak yang menawarkan tabungan khusus anak.

  1. Cara menghasilkan uang

Selain mengajarkan anak untuk menabung anda dapat mengajarkan cara menghasilkan uang. Hal ini anak akan semakin termotivasi untuk menabung dan tidak boros karena memperoleh uang memerlukan usaha dan kerja keras.

  1. Melatih kesabaran

Menerapkan latihan menabung sejak dini pada anak secara tidak langsung anda juga telah mengajarkan anak untuk bersabar saat menginginkan suatu hal. Hal ini anak akan lebih menghargai sebuah usaha dan kerja keras yang dilakukan orangtua untuk memperoleh uang sehingga anak dapat belajar menjadi pribadi yang tidak boros. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here