Tips Membesarkan Anak dengan IQ Tinggi (Cerdas dan Jenius)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebagai orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas dan jenius dalam berpikir. Jika Anda termasuk orang tua yang memiliki anak yang cerdas dan jenius, tentu harus bangga karena akan lebih mudah untuk mendidik serta membesarkannya. Merawat dan membesarkan anak jenius akan lebih mudah, karena anak seperti itu memiliki daya kreativitas yang tinggi.

Jenius sering kali dikaitkan dengan IQ (Intelligence Quotient) tinggi, anak yang memiliki IQ tinggi memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata. Seseorang yang jenius selalu menunjukkan individualitas dan imajinasi yang kuat, tidak hanya cerdas, tetapi selalu penuh dengan ide-ide unik dan inovatif. Untuk bisa membesarkan anak dengan IQ tinggi, membutuhkan pemahaman sekaligus batasan. Berikut ini tips membesarkan anak dengan IQ Tinggi (Cerdas dan Jenius).

  1. Biarkan bermain. Memang ada banyak permainan yang bisa membuat pemainnya menjadi brutal, susah diatur ataupun malas berpikir. Namun banyak juga permainan yang dapat meningkatkan semangat untuk bersosial, melatih kreativitas dan inspirasi. Bahkan ada beberapa permainan yang dapat melatih anak untuk berpikir dengan bijaksana serta melatih kemampuan membuat suatu rencana. Penelitian di University of Rochester menemukan bahwa anak kecil yang suka bermain lebih memiliki kemampuan dalam menemukan petunjuk rasa visual dalam belajar.
  1. Belajar alat musik. Beri pelajaran musik atau belikan alat musik kepada anak. Hal tersebut akan membantu pikiran anak menjadi lebih tajam. Karena bermain musik merupakan cara yang bagus untuk mengembangkan pembelajaran otak kanan anak dengan cara santai dan mudah.
  1. Batasi menonton TV. Upayakan sebaik mungkin menghindari terlalu banyak nonton televisi, paling tidak dalam waktu yang lama. Meski sebagian program televisi dirancang untuk anak-anak, tapi tetap wajib untuk melakukan seleksi secara ketat dalam memilih tayangan yang sesuai dengan usia anak.
  1. Beri minum Air Susu Ibu. Banyak penelitian ilmiah membuktikan bahwa minum air susu ibu (ASI) selain menyediakan berbagai macam zat gizi, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan intelegensi anak pada waktu bayi. Anak yang mengonsumsi ASI selama enam bulan secara nyata lebih cerdas dari pada bayi yang hanya mengonsumsi ASI selama satu bulan.
  1. Matematika itu menyenangkan. Matematika adalah keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai pada masa perkembangan anak. Sayangnya, beberapa orang tua cenderung memberikan kesan bahwa matematika adalah hal yang sulit. Hindari memberikan kesan pada anak kamu bahwa ia harus takut matematika. Sebaiknya, berikan kesan kepada anak bahwa matematika adalah hal yang menyenangkan serta latih anak untuk belajar memcahkan persoalan matematika dasar untuk permulaan.

Selain 5 tips diatas Anda bisa menggunakan cara lain untuk memperkuat IQ anak Anda. Anda bisa menggunakan metode pengaktifan otak anak dengan terapi otak. Aktivasi otak merupakan cara mudah untuk menstimulasi atau merangsang aktivitas otak yang dilakukan dengan menggunakan terapi gelombang otak (brainwave entrainment). (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY