Tips Membimbing Anak di Era Teknologi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kemajuan teknologi dan informasi pada saat ini cukup sulit untuk di bendung karena hampir seluruh dimensi kehidupan telah dipenaruhi oleh teknologi dan infosmasi salah satunya dalam dunia pendidikan. Hal tersebut tentunya membawa dampak positif dan negatif bagi penggunanya.

Perkembangan teknologi dan informasi pada saat ini telah mempengaruhi kehidupan anak, bahkan ada yang berpendapat bahwa anak-anak generasi masa kini merupakan generasi digital. Anak-anak generasi digital ini memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat dari aspek identitas, privasi, kebebasan berekspresi dan proses belajar.

Hal ini tentunya membuat setiap orangtua memiliki peran untu mengawasi dan memberikan bimbingan kepada anak untuk menghindari hal-hal negatif. Anak remaja menyatakan bahwa orangtua generasi milenial dituntut memiliki cara berbeda dalam memberikan asuhan dan bimbingan pada anak generasi digital. Berikut ini beberapa tips untuk membimbing tumbuh kembang anak di era perkembangan teknologi, antara lain :

  1. Mengajarkan agama

Agama merupakan pondasi utama dalam segala hal untuk menghindari perilaku yang bersifat negatif. Setiap orangtua harus mengajarkan ilmu agama kepada setiap anak-anaknya agar anak mengetahu batasan yang diperbolehkan dan dilarang berdasarkan agamanya masing-masing.

  1. Bertanggungjawab

Tanggungjawab untuk mengasuh dan membimbing anak merupakan kewajiban setiap orangtua (ayah dan ibu). Pada kenyataannya peran seorang ibu seringkali dianggap hal paling utama dalam memberikan pola asuh kepada anak. Menurut seorang ahli yang bernama Elly menyatakan seorang ayah memiliki peran tak kalah penting dalam memberikan pola asuh kepada anak. Di era perkembangan teknologi dan informasi ayah dan ibu memiliki tanggungjawab yang sama dalam memberikan pola asuh dan membimbing anak.

  1. Kedekatan

Membimbing anak di era teknologi anda memerlukan kedekatan anatara orangtua (ayah dan ibu) kepada anak baik secara fisik dan psikologi serta emosionalnya.

  1. Memiliki pola asuh yang jelas

Berdasarkan hasil penelitian pada orangtua menyatakan bahwa mereka tidak memiliki tujuan pola asuh yang jelas. Padahal seorang ahli bernama Elly menyatakan bahwa setiap orangtua harus merumuskan tujuan pola asuh yang jelas sejak anak dilahirkan.

  1. Berbicara dengan baik

Kebebasan berekspresi pada anak terkadang membuat anak sulit untuk diberikan nasehat. Untuk itu, setiap orangtua harus belajar berbicara dengan baik kepada anak dan mengerti bahasa tubuh anak serta mendengar perasaan anak.

  1. Persiapan anak masuk pubertas

Orangtua harus memberikan pengetahuan mengenai pubertas dan perubahan yang akan dialami oleh sang anak. Selain itu setiap orangtua harus memberikan pengetahuan mengenai batasan yang perlu dihindari oleh anak, terutama dalam hal pergaulan bebas dan seksual.

  1. Menjadi cerminan yang baik

Setiap orangtua memiliki peran dimana harus memberikan cerminan dan teladan yang bagi anak-anaknya.

  1. Pembentukan karakter

Membimbing anak di era teknologi setiap orangtua harus fokus kepada pembentukan karakter anak dalam pengembangan diri sang anak.

  1. Kebersamaan

Kebersamaan antara orangtua dan anak merupakan salah satu tips dalam membimbing tumbuh kembang anak di era perkembangan teknologi. Setiap orangtua harus meluangkan waktunya bersama-sama dengan sang anak. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here