Tips Membina Rumah Tangga yang Harmonis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernikahan merupakan suatu ikatan yang menyatakan dua orang dalam kondisi yang sah secara hukum dan agama. Dalam agama islam segala sesuatu yang dilakukan istri terhadap suami atau sebaliknya merupakan suatu bentuk ibadah. Akan tetapi faktanya menjalankan atau membina rumah tangga tidak semudah dan semulus yang dibayangkan karena akan banyak cobaan dan ujian yang harus dilewati. Berikut ini beberapa tips untum membina pernikahan sehat dan harmonis, antara lain :

  1. Midset pernikahan

Menurut seorang ahli yang bernama Deny menyatakan bahwa pernikahan yang harmonis dapat dijalin dengan memahami mindset pernikahan. Dari mindset akan menentukan tercapai atau tidaknya keinginan untuk mengarahkan hidup kita. Selain itu seorang ahli psikolog yang bernama Carol Dweck mengatakan bahwa bukan kecerdasan, bakat, atau usaha yang menuntun kita menuju kesuksesan, karena faktor utamanya itu adalah pola fikir.

  1. Terbuka dan menerima perbedaan

Konflik yang terjadi dalam rumahtangga terjadi karena adanya sikap tertutup dan adanya perbedaan diantara suami istri. Sehingga untuk menjaga keharmonisan pernikahan maka anda harus bersikap terbuka dan menerima perbedaan dari masing-masing pasangan.

  1. Jujur

Jujur merupakan modal kesuksesan dalam segala hal kehidupan ini, termasuk dalam kesuksesan untuk membina pernikahan yang harmonis dan langgeng. Usahakan untuk berkatan dan berbuat jujur kepada pasangan.

  1. Komitemen

Sebelum melakukan ikatan pernikahan sebaikya buatlah komitmen bersama pasangan untuk membina rumah tangga yang harmonis agar bisa langgeng selamanya. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah disetiap kondisi pada saat timbulnya konflik yang mungkin akan menggoyahkan anda dan pasangan.

  1. Kompromi

Saat sedang dilanda cobaan dan konflik maka perlu adanya kompromi antara anda dan pasangan untuk mempertimbangkan dan mempertahankan keutuhan dan keharmonisan rumahtangga. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya pengambilan keputusan yang terburu-buru dan didasari oleh amarah dan serta emosi.

  1. Sabar

Banyak yang mengira bahwa kesabaran ada batasnya. Pernyataan ini suatu hal yang salah karena kesabaran tiada batasnya. Kesabaran adalah bagaimana seseorang memaafkan dan mentolerir kesalahan orang lain yang dilakukan kepada anda. Terapkan kesabaran dalam hati dan diri anda dengan pasangan untuk menghadapi segala konflik yang ada di dalam pernikahan anda.  Serahkan segala urusan yang menimpa anda pada Allah SWT.

  1. Memaafkan

Tidak ada orang didunia ini yang sempurna dan tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan karena sesungguhnya manusia sering berbuat kekhilapan dan kesalahan. Usahakan untuk memaafkan kesalahan yang diperbuat oleh pasangan dan saling intropeksi diri untuk membenahi segala kekurangan dan memperbaiki kesalahan.

  1. Memberikan yang terbaik

Berikan yang terbaik pada pasangan dalam segala hal dan usahakan untuk meminimalisir melakukan kesalahan pada pasangan anda. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here