Tips Membuat Anak Suka Makan Sayur

SehatFresh.com – Tak sedikit anak-anak yang memang tidak menyukai sayur. Banyak bentuk penolakan yang mereka lakukan, dari yang bersikeras tak mau makan, hingga yang mau makan, tapi dengan mengunyahnya perlahan lahan.

Tak sedikit orangtua yang kewalahan mengatasi masalah ini. Padahal sayuran memiliki banyak manfaat yang penting bagi tumbuh kembang mereka. Lalu bagaimana caranya membuat anak mau makan sayuran? Simak beberapa cara agar anak mau makan sayuran.

  • Beri contoh

Beri anak kita contoh bahwa kita juga mengonsumsi sayur. Tunjukkan pada mereka bahwa sayur merupakan makanan yang enak. Hidangkan sayuran dan masukkan ke dalam piring makanan yang akan Anda santap. Walaupun Anda sebenarnya tidak menyukai salah satu jenis sayur, tapi Anda harus menghidangkannya juga. Hal ini agar anak mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya.

  • Mengajak mereka berbelanja

Jelajahi setiap lorong sayuran yang ada di supermarket sehingga anak Anda bisa melihat beragam buah dan sayur. Pada setiap kunjungan, biarkan dia memilih jenis sayuran baru yang akan disantap bersama pada minggu tersebut. Anak-anak akan senang melihat sayuran pilihan mereka menjadi bagian dari menu makan.

  • Mengajaknya memasak di dapur

Libatkan mereka dalam kegiatan memasak. Berikan pekerjaan yang sangat mudah, misalnya merobek daun selada, mengupas kulit jagung, atau sekedar mencuci sayuran. Sementara anak yang usianya lebih besar bisa diminta untuk memotong-motong sayuran untuk salad dan menghidangkannya di piring. Dengan cara ini, maka kita membiasakan mereka dekat dengan sayuran.

  • Menyajikan makanan favoritnya

Cari tahu apa makanan favorit anak Anda dan gantilah beberapa bahan dengan sayuran saat memasak. Anda dapat tambahkan sayuran saat menyiapkan makanan favorit anak Anda seperti smoothie, kue, pizza, lasagna, spageti, dan bahkan es krim. Dengan begitu anak susah makan sayuran tersebut mulai suka menyantap sayuran dengan makanan favoritnya.

  • Hidangkan masakan sederhana

Jika anak Anda bukan anak yang menyukai makanan seperti di atas, maka sajikan saja masakan yang sederhana seperti sayur sop, sayur bayam, atau tumis kangkung. Meski sederhana, namun msakan ini juga tak kalah enak.

  • Makan bersama keluarga

Jadikan waktu makan malam sebagai prioritas di dalam rumah. Riset dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa anak-anak mengonsumsi lebih banyak sayuran (sekaligus lebih banyak buah, kalsium serta serat) saat mereka makan bersama orang tuanya.

  • Membuat waktu makan menjadi waktu yang menyenangkan

Jangan pernah memaksa anak untuk makan sesuatu yang dia tidak suka. Jangan juga jejali mereka dengan sayuran saat makan. Hal ini mungkin akan membuat mereka merasa ‘bad mood’ tentang makan sayuran dan berpikir bahwa waktu makan adalah saat yang mengerikan.

Selain cara di atas Anda juga bisa mengajak anak Anda membuat bentuk yang menarik dengan sayuran mereka. Buat mereka senang dengan sayuran. Misalnya membuat bentuk bunga dengan wortel, atau membuat rambut dengan helai daun kangkung, dan beragam cara menarik lainnya.

Sumber gambar : pondokibu.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY